FAKTOR – FAKTOR KEBERHASILAN COMMUNITY BASEDTOURISM DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (STUDI KASUS : PNPM MANDIRI PARIWISATA DATARAN TINGGI DIENG)

PUTRI, Hemas Prabawati Jakti and ASNAWI, Asnawi (2013) FAKTOR – FAKTOR KEBERHASILAN COMMUNITY BASEDTOURISM DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (STUDI KASUS : PNPM MANDIRI PARIWISATA DATARAN TINGGI DIENG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1326Kb

Abstract

Pengembangan desa wisata menjadi alternatif dalam pengentasan kemiskinan yang terjadi di Jawa Tengah. Desa wisata ini berkembang dampak dari potensi pariwisata yang tersebar di Jawa Tengah dan masyarakat mulai mengembangkan desa wisata mereka dengan strategi Community Based-Tourism. Pemerintah menanggapi fenomena tersebut dengan membuat sebuah program yaitu PNPM Mandiri Pariwisata yang menuntut masyarakat desa untuk berperan aktif dan menjadi subjek dalam usaha kepariwisataan mereka. PNPM Mandiri Pariwisata menyentuh beberapa desa wisata salah satunya adalah kawasan Dataran Tinggi Dieng. PNPM Mandiri pariwisata ini menyentuh 4 dari 6 desa wisata di Dataran Tinggi Dieng, tetapi hanya 2 desa wisata yang memiliki keberhasilan dalam pengembangan Community Based-Tourism dengan terlihatnya kemajuan desa wisata yang signifikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41884
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:06 Feb 2014 08:59
Last Modified:15 Jul 2014 13:48

Repository Staff Only: item control page