KAPASITAS KELEMBAGAAN LOKAL DAN EFEKTIVITAS KEGIATAN PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS (PLPBK) Studi kasus: Kelurahan Kebondalem Kabupaten Kendal dan Kelurahan Podosugih Kota Pekalongan

APRINASARI F, Anggun and ASNAWI, Asnawi (2013) KAPASITAS KELEMBAGAAN LOKAL DAN EFEKTIVITAS KEGIATAN PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS (PLPBK) Studi kasus: Kelurahan Kebondalem Kabupaten Kendal dan Kelurahan Podosugih Kota Pekalongan. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

706Kb

Abstract

Fenomena kemiskinan merupakan fenomena kompleks yang seolah-olah menjadi momok yan susah untuk dicari solusinya. Fenomena ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, salah satunyProvinsi Jawa Tengah dengan tingkat kemiskinan sebesar 16,56% yang masih berada di atas tingkakemiskinan nasional 13,33% (BPS, 2010). Upaya pemerintah dalam mempercepat penanggulangakemiskinan salah satunya adalah program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaamasyarakat, yakni PLPBK (Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas). KegiataPLPBK salah satunya dilakukan melalui pengokohan kelembagaan lokal. Sejak tahun 2008 hingg2011, terdapat 157 Kelembagaan lokal (BKM) yang menjalankan kegiatan PLPBK. Manfaat yandirasakan langsung adalah dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) sebesar 1 Milyar sebagamodal awal dalam penataan kawasan lingkungannya. Akan tetapi, kinerja dari lembaga lokatersebut bervariatif ada yang berhasil dan ada yang kurang berhasil dalam menjalankan kegiataPLPBK.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41830
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Feb 2014 09:33
Last Modified:14 Jul 2014 12:37

Repository Staff Only: item control page