FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA PENGGUNAAN LAHAN AKIBAT KEBERADAAN KAWASAN PENDIDIKAN UNNES (STUDI KASUS: KAWASAN SEKARAN, KECAMATAN GUNUNGPATI)

WULANGSARI, Amalia and PRADOTO, Wisnu (2013) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA PENGGUNAAN LAHAN AKIBAT KEBERADAAN KAWASAN PENDIDIKAN UNNES (STUDI KASUS: KAWASAN SEKARAN, KECAMATAN GUNUNGPATI). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

5Mb

Abstract

Kecamatan Gunungpati sebagai salah satu area pinggiran kota di Kota Semarang, belum mengalami kondisi transformasi besar, stagnan dan tidak mengalami perubahan desa – kota. Pada tahun 1994 terdapat kebijakan pengembangan wilayah dengan menempatkan perguruan tinggi sebagai kutub pertumbuhan baru yaitu dengan menempatkan UNNES pada wilayah Sekaran, Gunungpati. Keberadaan kawasan pendidikan UNNES sampai saat ini sangat mempengaruhi perkembangan lahan Kawasan Sekaran. Hal ini ditunjukkan dengan adanya intensitas perpindahan penduduk serta adanya perkembangan fisik prasarana yang mendukung keberadaan UNNES di kawasan Sekaran sehingga mendorong berdirinya aktivitas permukiman terencana di sepanjang jalan raya Sukorejo-Sekaran dan bangunan yang berfungsi untuk mendukung fungsi kawasan pendidikan di sekitar UNNES berupa kost – kostan, fotocopy, warung makan dan lain – lain. Perubahan tersebut dapat mengganggu fungsi Kecamatan Gunungpati sebagai kawasan resapan air tanah dan kawasan penghasil produk-produk pertanian sehingga dalam jangka panjang berpotensi terjadinya penurunan kualitas lingkungan mengingat keberadaan Kecamatan Gunungpati sebagai daerah konservasi dan daerah resapan air.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41826
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Feb 2014 15:07
Last Modified:15 Jul 2014 14:36

Repository Staff Only: item control page