ROCHANAWATI, ROCHANAWATI (2012) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL (R-SMA-BI) NEGERI 1 DEMAK. Masters thesis, Program Pascasarjana Undip.
| PDF 394Kb |
Abstract
Gaya kepemimpinan kepala sekolah sangat mewarnai kehidupan sekolah. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah adanya sesuatu yang unik dalam hal kepemimpinan kepala sekolah di R-SMA-BI Negeri 1 Demak. Keunikan itu meliputi dua hal, yaitu profil tentang kepala sekolah yang menjabat saat ini dan keunikan sekolahnya. Tesis ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dan (2) menganalisis faktor-faktor yang menentukan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif naturalistik dengan fokus penelitian kepemimpinan kepala sekolah atau peran kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Demak, yang terletak di Jalan Sultan Fatah 85 Katonsari Demak. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, karyawan, para peserta didik, dan komite sekolah. Instrumen penelitian berupa peneliti itu sendiri, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan Kepala R-SMA-BI Negeri 1 Demak dalam proses penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan sekolah adalah secara umum sangat baik yang ditandai dengan: (a) memiliki kepribadian yang bagus, (b) memiliki pengetahuan / pemahaman yang tinggi terhadap pendidikan dan tenaga kependidikan, (c) memiliki pemahaman yang tinggi terhadap visi dan misi, (d) memiliki kemampuan yang tinggi dalam pengambilan keputusan pada proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah, dan (e) memiliki kemampuan yang tinggi dalam berkomunikasi pada proses penyelenggaraan pendidikan. Dalam memimpin sekolah kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Adapun faktor yang menyebabkan kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dalam memimpin sekolah adalah: (a) diri kepala sekolah berkepribadian baik, (b) ciri atasan yang demokratis, (c) ciri bawahan yang tidak begitu heterogen dan memiliki harapan tinggi, (d) persyaratan tugas bawahan mampu melaksanakan tugas dengan baik, (e) iklim organisasi yang terbuka, dan (f) perilaku dan harapan rekan yang dapat bekerja dengan baik. Saran yang dapat penulis berikan kepada kepala sekolah di R-SMA-BI Negeri 1 Demak adalah hendaknya mengurangi sifat kesombongannya sebagai bentuk dari kepercayaan dirinya yang tinggi, dalam melaksanakan program sekolah ada keseimbangan antara bidang akademik dan nonakademik, dalam proses pengambilan keputusan mampu melibatkan bawahannya bukan berdasarkan senioritas melainkan kualifikasi dan kapabilitasnya, dalam berkomunikasi secara lisan hendaknya mengurangi sifat yang terkesan formal dan mengedepankan suasana kekeluargaan. Kata kunci : kepemimpinan, kepala sekolah, gaya kepemimpinan. Principal's leadership style is the coloring of school life. The background of this research is that there is something unique in terms of principal leadership in The State Senior High School - The Prospective International Standardized School- 1 Demak. The uniqueness of it includes two things, namely the profile of the school principal who served at this time and the uniqueness of the school. This thesis aims to (1) describe and analyze the leadership style of principals and (2) analyze the factors that determine the leadership style of school principals. This study belong to the naturalistic qualitative research with a focus on leadership of the principal or principal's role as a leader or leaders. Research sites in The State Senior High School - The Prospective International Standardized School- 1 Demak, located at 85 Jalan Sultan Fatah Katonsari Demak. The informant was the principal, teachers, staff, learners, and school committees. Research instrument in the form of research itself, while gathering data using interviewing techniques, observation, and study documentation. Research has been done to the authors concluded that the principal leadership in The State Senior High School - The Prospective International Standardized School- 1 Demak in the process of providing education to achieve the general goals for the school is very well characterized by: (a) has a great personality, (b) have the knowledge/high understanding of the education staff and, (c) have a high understanding of the vision and mission, (d) have a high ability in decision-making in the process of education in schools, and (e) has a high ability to communicate on the education. Principals in leading schools to use the democratic style of leadership. The factors leading to the principal use of the democratic leadership style in leading the school are: (a) the principal himself a good personality, (b) characteristics of a democratic supervisor, (c) subordinate characteristics are not so heterogeneous and has high expectations, (d) requirements subordinate task well able to carry out the task, (e) an open organizational climate, and (f) the behavior and expectations of colleagues who can work well. Who can give advice to the principal author of The State Senior High School - The Prospective International Standardized School- 1 Demak is the nature of pride should be reduced as a form of high confidence in the performance of the school program there is a balance between academic and nonacademic, in the decision making process is not able to involve their subordinates based on seniority but rather qualifications and capabilities, in communicating orally should decrease and the formal properties that seem to put forward a family atmosphere. Key words: leadership, principals, leadership style.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Administration Science |
ID Code: | 41788 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 30 Jan 2014 13:47 |
Last Modified: | 30 Jan 2014 13:47 |
Repository Staff Only: item control page