IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 SEMARANG MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA

SUDARWATI, THERESIA MELANIA (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 SEMARANG MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA. Masters thesis, Program Pascasarjana Undip.

[img]
Preview
PDF
895Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang implemetasi kebijakan lingkungan hidup Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Semarang menuju Sekolah Adiwiyata. Disamping itu untuk menganalisa data dan informasi mengenahi implementasi kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Menengah Atas Negeri 11 di Kota Semarang. dan memperoleh informasi baru yang dapat dikembangkan untuk penelitian selanjutnya tentang implementasi kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup di tingkat Sekolah Menengah Atas. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk mendapatkan gambaran keadaan subjek atau objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak secara alami atau sebagaimana adanya. Fokus penelitian pada fenomena- fenomena atau fakta sosial yang terjadi dalam implementasi sebuah kebijakan yang meliputi derajad perubahan, pelaksana program,komunikasi,sumber daya dan disposisi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dokumen dan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan sekolah peduli dan berbudaya melalui program Adiwiyata tidak berjalan sesuai dengan standar program Adiwiyata disebabkan rendahnya kegiatan komunikasi dalam bentuk koordinasi di dalam managemen sekolah yang meliputi koordinasi antara kepala sekolah dan para penanggung jawab program , koordinasi antara penanggung jawab program dan Tim Pengembang Sekolah, dan koordinasi Tim Pengembang Sekolah dengan para pendidik atau guru. Rendahnya koordinasi mengakibatkan persepsi yang salah tentang program Adiwiyata. Sumberdaya manusia yang menguasai program Adiwiyata perlu ditingkatkan .Disposisi untuk mendukung program Adiwiyata masih rendah. Sumber dana untuk melaksanakan program tidak cukup tersedia meskipun managemen sekolah sudah melakukan kerjasama untuk menggalang dana dari masyarakat. Dalam penelitian ini tidak diperoleh informasi baru yang dapat dikembangkan untuk penelitian selanjutnya tentang implementasi kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup di tingkat Sekolah Menengah Atas .Saran untuk memperbaiki pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup untuk menuju sekolah Adiwiyata adalah dengan meningkatkan keterbukaan untuk mengurangi resistensi yang melibatkan partisipasi seluruh warga sekolah melalui forum-forum yang terencana secara rinci dan didokumentasikan dalam kurikulum, memberikan kesempatan para implementor meningkatkan kemampuan mereka tentang pendidikan lingkungan hidup, memberikan alokasi dana sesuai dengan tuntutan program menuju sekolah Adiwiyata. Kata Kunci : implementasi, implementors, Adiwiyata. The study is aimed to analize, inteprate, and describe data and information that influenced the implementation of educational environment in eleven (11) state senior high school Semarang toward Adiwiyata school. Besides, it has a goal to get new information to be developed in the future study about the same subject. The method used in the study is kualitatif description in order to describe the subject studied naturally as the way it was. The study focuses on some phenomenons or social facts happened during the implementation of publik policy such as the degree of behaviour changing, implementers, communication, resources, and disposition. The data is collected through deep observation of documents and environment, interview, and documentation. The study shows that the implementation of educational environment in eleven (11) state senior high school Semarang toward Adiwiyata school has not run well as it is stated in Adiwiyata program caused by the lack of communication in a form of coordination in school management including coordination among school headmaster and its staff, coordinator of Adiwiyata program and school developing team, school developing team and other implementers. The lack of coordination among the implementers causes the wrong perception of Adiwiyata program. There are not enough human resources that have competency to implement the program.Their attitude to support the program is still low. Eventhough school management has financial problem to support the program, the management is able to fullfil it by developing mutual understanding with society. The study has not found any new information to be developed in the future study about the same subject. Therefore, it is recommended that school management is more open to reduce resistance of the policy implementation by involving all members of the school society through carefully planned programs and the program must be written more detail in the school curriculum, to develop the implementer competence about environmental education, and to alocate more fund according to the planned program toward Adiwiyata school. Key words : implementation, implementers, Adiwiyata.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Administration Science
ID Code:41784
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Jan 2014 10:53
Last Modified:30 Jan 2014 10:53

Repository Staff Only: item control page