IMPLEMENTASI AKREDITASI MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN REMBANG

MARYONO, MARYONO (2012) IMPLEMENTASI AKREDITASI MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN REMBANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Undip.

[img]
Preview
PDF
743Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tahap-tahap pelaksanaan proses akreditasi madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Rembang yang berpotensi terjadi deviasi, menentukan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya deviasi dalam pelaksanaan proses akreditasi madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik snow bowling. Informan yang dipilih secara purposive, sebagai kunci bantu penelitian. Sumber informasi diantaranya adalah informan, dokumen yang ada instansi terkait, serta pengalaman penulis sebagai guru kurang lebih 15 tahun. Teknik analisis data menggunakan Metode Analisis Taksonomi, yaitu analisis yang berfokus pada katagori tertentu yang sangat berguna dalam upaya mendeskripsikan fenomena yang menjadi sasaran penelitian. Langkah analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua proses tahapan pelaksanaan akreditasi madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Rembang berjalan sesuai dengan rencana. Adapun semua tahapan dalam akreditasi rentan terjadi deviasi. Sedangkan faktor penyebab terjadinya deviasi yaitu tidak ada sosialisasi, lemahnya stakholders, kejujuran madrsah ibtidaiyah dan asesor, kurangnya koordinasi sesama stakholders di madrasah ibtidaiyah dengan asesor, dan sulitnya menyiapkan bukti fisik. Sehingga memperlambat pelaksanaan akreditasi madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Rembang. The purpose of this study is to identify the stages of implementasi in the accreditation process in Islamic elementary school in Rembang Regency that could potentially accur deviation, determine factors that cause deviations in the implementation of the accreditation process in Islamic elementary school in Rembang Regency. This study used qualitative descriptive method with snow bowling tehnique. Purposively selected informans, as a key of research aids. The sourse of information include informants, documents at the relevan agencies. As well as the author’s experience as a teacher about is years. Data analysis techniques using teh taxonomic analysis method. The analysis is focus on specific catagories that are useful in efforts to describe the phenomenon that became the target of reseach. The steps of data analysis is data reduction, data display, making conclusions, and verifacation of data. These result indicated that all stages of the implemation of the accreditation process in Islamic elementary school in Rembang Regency went according to plan, as for all stages in the accreditation susceptible to deviation. While the factors causing the deviation is no socialization, lake of stakeholders, honestly between madrasah and assesors, lake of coordination among stakeholders in madrasah with asseors, and the difficulty of preparing pysical evidence. Thus slowing down the implementation of accreditation in Islamic elementary scholl in Rembang Regency.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Administration Science
ID Code:41780
Deposited By:Mrs Ekana Perpus Pasca
Deposited On:30 Jan 2014 10:15
Last Modified:30 Jan 2014 10:15

Repository Staff Only: item control page