PREDIKSI PENGARUH VARIASI KECEPATAN TERHADAP KEAUSAN FASE RUNNING-IN PADA SISTEM ROLLING SLIDING CONTACT

SETIYADI, RACHMAT and Dr. Jamari, ST, MT, Jamari (2012) PREDIKSI PENGARUH VARIASI KECEPATAN TERHADAP KEAUSAN FASE RUNNING-IN PADA SISTEM ROLLING SLIDING CONTACT. Undergraduate thesis, mechanical engineering department, faculty engineering of Diponegoro university.

[img]
Preview
PDF
537Kb
[img]
Preview
PDF
209Kb
[img]
Preview
PDF
405Kb
[img]
Preview
PDF
591Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

339Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

129Kb
[img]
Preview
PDF
181Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id/

Abstract

Pada kontak antar komponen mesin yang berada dalam kondisi berpelumas, saat dua permukaan „fresh’ saling berkontak, terjadi keausan selama fase running-in. Dalam skala mikro, asperity-asperity yang saling berkontak tidak sepenuhnya match. Pada fase ini, asperity-asperity saling berkontak dan terjadi gerakan relatif hingga mengalami deformasi plastis. Deformasi ini menyebabkan terjadinya keausan yang mengakibatkan permukaan menjadi lebih smooth dan gesekan yang terjadi semakin berkurang. Keausan dapat diprediksi dengan beberapa cara, dengan metode eksperimen skala laboratorium. Akan tetapi, metode eksperimen ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pendekatan lain adalah pendekatan dengan model PEHL dan metode load sharing concept. Dalam hal ini penulis mengembangkan suatu model baru “present model” untuk kasus line contact yang dikombinasikan dengan load sharing concept untuk memprediksi keausan pada mixed lubrication. Present model yang dikembangkan dengan load sharing concept dapat digunakan untuk memprediksi keausan karena hasil pemodelan tersebut mendekati hasil eksperimen dan perhitungan yang dikembangkan dengan metode load sharing concept. Selanjutnya dilakukan variasi kecepatan. Hasil dari present model pada variasi kecepatan 1.8 m/s, 2 m/s, dan 2.2 m/s pada kasus 1 berturut-turut adalah nilai ΔRa 0.140 μm, 0.127 μm, 0.115 μm, sedangkan pada kasus 2 berturut-turut adalah nilai ΔRa 0.486 μm, 0.458 μm, 0.428 μm. Dengan variasi kecepatan 1.8 m/s, 2 m/s, dan 2.2 m/s pada kasus 1, persentase beban yang diterima asperity pada awal fase running-in berturut-turut adalah 8.8 %, 8.1 %, 7.6 %, sedangkan pada kasus 2 adalah 14.8 %, 14.1 %, 13.6 %. Dengan menggunakan present model dapat dilakukan prediksi keausan. Meningkatnya kecepatan yang diberikan akan mengakibatkan berkurangnya perubahan surface roughness (ΔRa). Kata kunci: keausan, line contact, load sharing concept, mixed lubrication

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41669
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:24 Jan 2014 10:08
Last Modified:24 Jan 2014 10:08

Repository Staff Only: item control page