PENGARUH PENAMBAHAN MAGNESIUM (Mg) TERHADAP KARAKTERISTIK KOMPOSIT ALUMINIUM DIPERKUAT SILIKON KARBIDA (SiC) DENGAN METODE STIR CASTING

Mustaghfiri, Muhammad and Umardani , Yusuf., ST,MT (2013) PENGARUH PENAMBAHAN MAGNESIUM (Mg) TERHADAP KARAKTERISTIK KOMPOSIT ALUMINIUM DIPERKUAT SILIKON KARBIDA (SiC) DENGAN METODE STIR CASTING. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
294Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4Mb

Abstract

Salah satu jenis material maju yang sedang dikembangkan adalah komposit logam atau lebih dikenal dengan Komposit Matrik Logam (KML). Pemilihan logam sebagai matrik pada material komposit karena logam memiliki sifat mekanik yang baik, antara lain kekuatan, modulus elastisitas dan ketangguhan. Pembuatan komposit matriks logam Al- SiC dengan variasi penambahan kadar Mg dibuat menggunakan metode stir casting dengan bahan baku limbah aluminium sebagai matrik dan serbuk SiC sebagai penguat yang dicampur dengan logam magnesium. Temperatur penuangan 725oC dengan lama waktu pengadukan selama 10 menit dan kecepatan pengaduk 250 rpm. Variasi fraksi massa Mg 3, 5 dan 7% dengan ukuran penguat (SiC) menggunakan mesh 350. Karakterisasi yang dilakukan meliputi; kekuatan tarik, kekerasan dan struktur mikro. Dari hasil pengujian didapat kondisi paling baik pada komposisi material Al-SiC-Mg 7% dimana nilai kekuatan tarik mencapai 64 N/mm2, kekerasan 70,3 BHN. Sedangkan dari hasil pengamatan struktur mikro didapatkan bahwa distribusi partikel SiC terlihat kurang merata dibeberapa hasil foto mikro misalnya pada komposisi Al-SiC-Mg 5% bagian bawah. Dari penelitian ini didapat bahwa semakin besar fraksi massa Mg, maka sifat mekanis komposit Al-SiC semakin baik. Kata Kunci: Komposit matriks logam Al-SiC, logam magnesium, komposisi material, stir casting, sifat mekanik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41666
Deposited By:Mrs yuni nurjanah
Deposited On:24 Jan 2014 09:59
Last Modified:24 Jan 2014 09:59

Repository Staff Only: item control page