Murdani, Yanuar and Syaiful, Dr. ST,MT (2013) KARAKTERISTIK MESIN DIESEL DENGAN HOT EGR (EXHAUST GAS RECIRCULATION) MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR CAMPURAN DIESEL DAN MINYAK JARAK. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.
| PDF 1834Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 4059Kb |
Abstract
Pada saat ini ketersediaan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi sangat terbatas dan merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Jatropha telah dikenal sebagai bahan bakar alternatif yang menarik meskipun Jatropha dihasilkan dari minyak nabati. Oleh karena itu penggunaan Jatropha adalah pilihan yang tepat sebagai alternatif bahan bakar untuk mesin diesel. EGR pada mesin diesel digunakan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menurunkan bahan bakar. Hot EGR adalah suatu metode yang digunakan untuk mensirkulasikan gas buang kembali ke intake manifold. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa variasi, yaitu beban, rpm, %EGR, temperatur 70°C sampai 100°C dengan variasi bahan bakar campuran Jatropha dan solar. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa Daya, BMEP, dan ϕ tidak terlihat peningkatan dan penurunan yang signifikan dengan adanya Hot EGR. Yang mempengaruhi nilai tersebut adalah peningkatan beban dan rpm. Penggunaan Hot EGR dengan variasi campuran bahan terjadi bakar perubahan pada ṁƒ yang semakin turun, efisiensi bahan bakar meningkat dan efisiensi volumetrik turun dibandingkan tanpa menggunakan Hot EGR Kata kunci : mesin diesel, Hot EGR, performa, minyak jarak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
ID Code: | 41634 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 23 Jan 2014 14:46 |
Last Modified: | 23 Jan 2014 14:46 |
Repository Staff Only: item control page