ANALISA PENGARUH RASIO TEBAL DAN SHPERICAL BENDING RADIUS TERHADAP FENOMENA RETAK PADA PROSES LIGHTENING HOLE ALUMINIUM ALLOY 7075

HUTAMA, ADITYA and Ir. Yurianto, MT, Yurianto (2011) ANALISA PENGARUH RASIO TEBAL DAN SHPERICAL BENDING RADIUS TERHADAP FENOMENA RETAK PADA PROSES LIGHTENING HOLE ALUMINIUM ALLOY 7075. Undergraduate thesis, mechanical engineering department, faculty engineering of Diponegoro university.

[img]
Preview
PDF
372Kb
[img]
Preview
PDF
365Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1199Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id/

Abstract

Indrustri pesawat terbang memiliki tuntutan material yang ringan dan memiliki kekuatan yang akan dimanfaatkan sebagai bagian dari badan pesawat terbang.Rekayasa teknik memberikan suolusi untuk tercapainya tuntutan dalam indrustri pesawat terbang.Lightening hole salah satu rekayasa yang digunakan agar tercapainya kekuatan yang tinggi. Lightening hole terdiri dari empat tahapan yaitu proses bending, straightening,tekan, dan tarik. Pada tahapan material mengalami proses tarik ini sering terjadi sobekan (crack). Oleh sebab itu diadakan pembahasan tentang pengaruh radius bending dengan ketebalan material pada proses lightening hole. Ketebalan material yang digunakan kurang dari 2,5 mm.. Proses lightening hole dilakukan dengan mesin eccentrik press dengan variasi radius bending.Pengujian yang dilakukan pengujian tarik untuk membahas sifat mekanik material,pengujian Vickers untuk membahas nilai kekerasan,dan struktur makro untuk membahas metalografi. Dari hasil penelitian terjadi peningkatan nilai kekerasan material yang mengalami proses lightening hole,sebelum lightening hole nilai rata-rata kekerasan 146,6 HV setelah proses lightening hole niali rata-rata kekerasan 173,8HV. Al7075 dengan spherical bending radius paling kecil ( BT20 ) memiliki nilai kekerasan paling tinggi (179,5 HV).Perlakuan bending antara BT 30 dan BT 40pada material yang ketebalaan lebih dari 1,4 mmperlu diwaspadai karena mengalami retak. Pembahasan permasalahan proses lighteningholemengurangi material yang reject mengalami keretakan dan kesalahan ini tidak terulang kembali di masa yang akan datang. Dengan material yang efisien perusahaan mengurangi biaya pembelian material,pengeluaran untuk upah kerja,hasil yang dicapai lebih banyak dan keuntungan perusahaan meningkat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41622
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jan 2014 13:44
Last Modified:23 Jan 2014 13:44

Repository Staff Only: item control page