KAJI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN NILAI ROI (RETURN OF INVESTMENT) ANTARA PENGGUNAAN EXHAUST FAN DAN LUAS VENTILASI PADA RUMAH MODEL DENGAN MEKANISME PERPINDAHAN PANAS KONVEKSI AKIBAT RADIASI MATAHARI MENGGUNAKAN VARIASI WARNA CAT PUTIH, ABU-ABU, KUNING DAN TANPA CAT

Wedha, Ganang Wisma and Yohana, Eflita., Ir. MT (2011) KAJI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN NILAI ROI (RETURN OF INVESTMENT) ANTARA PENGGUNAAN EXHAUST FAN DAN LUAS VENTILASI PADA RUMAH MODEL DENGAN MEKANISME PERPINDAHAN PANAS KONVEKSI AKIBAT RADIASI MATAHARI MENGGUNAKAN VARIASI WARNA CAT PUTIH, ABU-ABU, KUNING DAN TANPA CAT. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
100Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

16Mb

Abstract

Penggunaan warna cat yang berbeda pada dinding luar rumah mempengaruhi kalor yang tersimpan di dalam ruangan dan ukuran ventilasi yang digunakan. Eksperimen ini menggunakan rumah model dengan dinding plester ukuran 1 x 1 x 1,7 m2, variasi warna yang digunakan adalah warna putih, abu-abu, kuning, dan tanpa cat. Kalor yang tersimpan di dalam ruangan akibat radiasi matahari dapat ditentukan dengan mekanisme perpindahan kalor konveksi paksa menggunakan exhaust fan dan konveksi alami yang mengakibatkan kenaikan temperatur ruang dan penurunan kelembaban relatif ruang. Hasil eksperimen menunjukkan hubungan antara kalor dalam ruangan akibat variasi warna cat yang digunakan dengan ukuran ventilasi keluar dan penggunaan exhaust fan untuk membuang kalor agar kondisi ruangan tetap nyaman. Kalor yang tersimpan dalam ruangan tertinggi ketika menggunakan exhaust fan pada warna abu-abu sebesar 210,04 W, tanpa cat 207,39 W, putih 181,3W dan kuning 183,05 W. Sedangkan ketika tidak menggunakan exhaust fan kalor yang tersimpan dalam ruang pada warna abu-abu sebesar 249,58 W, tanpa cat 245,40 W, putih 218,74 W dan kuning 225,66 W. Hal tersebut menuntut kebutuhan ukuran ventilasi yang lebih besar pada warna gelap dibanding warna terang yaitu variasi tanpa cat sebesar 0,0496 m2, warna abu-abu sebesar 0,0509 m2, warna putih sebesar 0,0392 m2, dan warna kuning sebesar 0,0389 m2. Kata kunci: warna cat; perpindahan kalor; exhaust fan; ventilasi; kalor yang tersimpan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41620
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jan 2014 13:28
Last Modified:23 Jan 2014 13:28

Repository Staff Only: item control page