Wijaya, Surya Adhi and Arijanto, Ir., MT (2013) EFEK KATALISATOR (MPG-CAPS) TERHADAP DAYA TORSI MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.
| PDF 267Kb | |
| PDF 18Kb | |
| PDF 413Kb | |
| PDF 682Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 351Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 430Kb | ||
| PDF 54Kb |
Abstract
Persediaan minyak bumi yang terus menipis mendorong manusia menjadi kreatif. Berbagai cara dilakukan untuk mengefisiensikan kinerja mesin sehingga pemanfaatan minyak bumi menjadi semakin efektif. Selain menemukan teknologi untuk mengefisienkan kinerja mesin, Salah satu cara untuk mempercepat laju reaksi dan menyempurnakan proses pembakaran dalam motor bakar adalah dengan jalan menurunkan energi pengaktifan suatu reaksi bahan bakar. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan katalisator. Katalisator adalah zat yang dapat meningkatkan laju reaksi tanpa dirinya mengalami perubahan kimia secara permanen. Katalisator dapat bekerja dengan membentuk senyawa antara atau mengabsorpsi zat yang direaksikan. Pada penelitian ini kami melakukan penelitian tentang efek penggunaan katalisator (MPG-caps) pada mesin Honda CS-1 125 cc terhadap perubahan performa mesin bensin yang meliputi daya, torsi, konsumsi bahan bakar dan efisiensi sehingga diharapkan hasil yang dapat menjadi rujukan untuk kinerja suatu mesin dan mengurangi konsumsi bahan bakar yang pada akhirnya mengurangi penggunaan minyak bumi tanpa mengurangi kualitas performa suatu mesin. Parameter pengujian yang kami lakukan adalah dengan melakukan pengujian mesin dari putaran mesin 8000 rpm sampai dengan putaran minimum, dengan masing-masing rpm dilakukan dua kali pengujian yaitu dengan MPG-caps dan tanpa MPG-caps. Kata kunci : performa mesin bensin, katalis MPG-caps, katalisator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
ID Code: | 41619 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 23 Jan 2014 13:15 |
Last Modified: | 23 Jan 2014 13:15 |
Repository Staff Only: item control page