KARAKTERISTIK EMISI JELAGA MESIN DISEL MENGGUNAKAN VENTURI SCRUBBER EGR (EXHAUST GAS RECIRCULATION) DENGAN BAHAN BAKAR SOLAR

BUDIMAN, ARIF and Dr. Syaiful, ST, MT, Syaiful (2012) KARAKTERISTIK EMISI JELAGA MESIN DISEL MENGGUNAKAN VENTURI SCRUBBER EGR (EXHAUST GAS RECIRCULATION) DENGAN BAHAN BAKAR SOLAR. Undergraduate thesis, mechanical engineering department, faculty engineering of Diponegoro university.

[img]
Preview
PDF
215Kb
[img]
Preview
PDF
1299Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

157Kb
[img]
Preview
PDF
13Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id/

Abstract

Kondisi alam sekarang sudah sangat memprihatinkan karena pemanasan global yang salah satunya disebabkan oleh hasil pembakaran kendaran bermotor yang tidak sempurna. Para pakar otomotif dunia terus melakukan inovasi terhadap produk-produknya, agar gas buang menjadi lebih ramah lingkungan. Sekarang ini kendaraan yang ramah lingkungan sudah menjadi trend dunia, termasuk di Indonesia. Pada penelitian ini digunakan EGR (Exhaust Gas Recirculation) yaitu gas buang yang dimasukan kembali ke intak manifold dan berfungsi menurunkan NOx dan konsumsi bahan bakar. EGR yang di gunakan memakai sistem pendingin untuk mendinginkan suhu gas buang menggunakan venturi scrubber. Penelitian ini juga meneliti adanya perbedaan kepekatan gas buang antara mesin diesel yang mengunakan Venturi Scrubber EGR dengan mesin diesel standar tanpa penggunaan Venturi Scrubber EGR. Pengujian dilakukan pada mesin Isuzu Panther indirect injection dengan bahan bakar solar. Dari hasil pengujian dengan penambahan alat berupa EGR diperoleh kenaikan opacity sebesar 120,06% sehingga asap yang keluar jauh lebih banyak di banding tanpa penggunaan EGR, akan tetapi penggunaan EGR memberi dampak positif yaitu meningkatnya efisiensi bahan bakar (ηƒ) sebesar 59,22% dibanding mesin tanpa penggunaan EGR. Semua data di ambil pada EGR 20,9% dengan temperatur T3 600C saat putaran 2500 rpm dengan load 100%. Kata kunci : EGR (Exhaust Gas Recirculation), Sistem Venturi scrubber EGR, opacity, efisiensi bahan bakar (ηƒ), Cold EGR, Isuzu Panther

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41602
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jan 2014 10:02
Last Modified:23 Jan 2014 11:00

Repository Staff Only: item control page