PENGARUH PWHT PADA KUALITAS SPESIMEN PREHEAT PENGELASAN DISSIMILAR METAL ANTARA BAJA KARBON (A-106) DAN BAJA TAHAN KARAT (A312 TP-304H) DENGAN FILLER METAL INCONEL 82

Sudiarso, Wiko and Nugroho,, Sri., Dr. ST, MT (2012) PENGARUH PWHT PADA KUALITAS SPESIMEN PREHEAT PENGELASAN DISSIMILAR METAL ANTARA BAJA KARBON (A-106) DAN BAJA TAHAN KARAT (A312 TP-304H) DENGAN FILLER METAL INCONEL 82. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
192Kb
[img]
Preview
PDF
135Kb
[img]
Preview
PDF
491Kb
[img]
Preview
PDF
567Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1944Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

473Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb

Abstract

Terdapat sebuah alat yang bernama Primary Reformer di PT. Pupuk Kaltim adalah suatu alat yang berbentuk tube yang berfungsi untuk memecahkan gas hydrocarbon menjadi hidrogen. Alat ini dioperasikan pada suhu 600-800oC dan tekanan 30-40 bar. Primary reformer dibuat dari material yang berbeda, material baja karbon (flange) dan material baja tahan karat (top tube). Kedua material tersebut disambung dengan menggunakan las GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) dengan filler metal inconel 82. Namun ditemukan kobocoran (disbonding) antara sambungan pada material baja karbon dan weld metal. Tugas Akhir ini meneliti pengaruh PWHT (Post Weld Heat Treatment) terhadap kualitas spesimen preheat hasil pengelasan DMW (Dissimilar Metal Welding). Hasil yang diharapkan dari penelitian ini dapat mengungkap lebih jelas penyebab kebocoran pada pipa Primary Reformer di atas. Beberapa pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain : PWHT (tungku heat treatment), struktur mikro (mikroskop optik), dan nilai kekerasan (mikro vikers). Pengujian struktur mikro didapatkan hasil pelebaran ukuran dark band efek dari variasi temperatur PWHT pada batas fusi sambungan baja karbon dan weld metal, serta terjadi pengkasaran butir pada daerah HAZ baja karbon yang berstruktur full ferit. Nilai kekerasan pada daerah dark band ini lebih tinggi dibanding daerah lainya, dan menurunnya nilai kekerasan pada daerah HAZ baja karbon. Turunya nilai kekerasan pada HAZ baja karbon dapat menimbulkan kegagalan jika komponen ini semakin lama dipakai pada aplikasi tersebut. Kata Kunci: Primary Reformer, disbonding, PWHT, dark band, pengkasaran butir.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41596
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jan 2014 09:25
Last Modified:23 Jan 2014 09:25

Repository Staff Only: item control page