ANALISA BEBAN PENGGETAR MESIN PRESS BATAKO PADA PROSES PRODUKSI BATAKO TANPA PLESTER DAN TANPA PEREKAT (BTPTP) TERHADAP KEKUATAN DINDING

AR-RASYID, PRADITHA EDU and Sugiyanto, Ir. DEA (2012) ANALISA BEBAN PENGGETAR MESIN PRESS BATAKO PADA PROSES PRODUKSI BATAKO TANPA PLESTER DAN TANPA PEREKAT (BTPTP) TERHADAP KEKUATAN DINDING. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
283Kb
[img]
Preview
PDF
173Kb
[img]
Preview
PDF
474Kb
[img]
Preview
PDF
707Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

526Kb
[img]
Preview
PDF
6Kb
[img]
Preview
PDF
82Kb
[img]
Preview
PDF
310Kb

Abstract

Batako tanpa plester dan tanpa perekat merupakan salah satu varian batako sebagai salah satu unsur penyusun bangunan. Pada aplikasinya dalam suatu bangunan BTPTP ini dapat dengan mudah disusun tanpa perlu menggunakan keahlian khusus karena menggunakan geometri tertentu yang memudahkan untuk saling terkait tanpa perlu menggunakan perekat semen seperti batako pada umumnya. Pada proses produksinya, mesin press BTPTP ini belum memiliki keseragaman mutu hal ini dikarenakan belum adanya penelitian tentang beban penggetar optimal pada mesin press BTPTP ini. Penelitian meliputi uji karakteristik material BTPTP dalam beberapa variasi beban penggetar dan uji tekan statik pada saat disusun sebagai dinding. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan beban penggetar optimal pada mesin press BTPTP, model teoritik dan simulasi numerik tentang analisis beban penggetar mesin press BTPTP pada proses produksi. Dari hasil pengujian dan simulasi diketahui beban optimal pada mesin press BTPTP adalah pada beban 70 kg dengan nilai kokoh tekan sebesar 7,58 N/mm2 dan densitas 2023,12 kg/m3, sedangkan perbandingan pada simulasi sudah menunjukkan trend yang sama namun masih terdapat perbedaan nilai yang cukup besar. Hal ini dikarenakan pada metode elemen hingga dinding diasumsikan sebagai satu benda yang tidak bersatu. Perlu dilakukan penelitian tentang plasticity pada BTPTP agar hasil yang diperoleh pada simulasi metode elemen hingga mendekati dengan hasil pengujian pada laboratorium. Kata kunci : batako, beban, penggetar, MEH.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41577
Deposited By:Mrs yuni nurjanah
Deposited On:22 Jan 2014 16:49
Last Modified:22 Jan 2014 16:49

Repository Staff Only: item control page