PENGARUH PWHT PADA KUALITAS PENGELASAN DISSIMILAR METAL ANTARA BAJA KARBON (A-106) DAN BAJA TAHAN KARAT (A312 TP-304H) DENGAN FILLER METAL INCONEL 82

Zaman, Defi Nur and Nugroho, Sri., Dr. ST,MT (2012) PENGARUH PWHT PADA KUALITAS PENGELASAN DISSIMILAR METAL ANTARA BAJA KARBON (A-106) DAN BAJA TAHAN KARAT (A312 TP-304H) DENGAN FILLER METAL INCONEL 82. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
322Kb
[img]
Preview
PDF
57Kb
[img]
Preview
PDF
466Kb
[img]
Preview
PDF
557Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2642Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

408Kb

Abstract

Primary reformer adalah suatu alat yang digunakan di PT. Pupuk kalimantan timur, yang berfungsi untuk memecahkan gas hydrocarbon menjadi hidrogen. Ammonia reformer tube biasanya dioperasikan pada suhu 600-8000C dan tekanan 30-40 bar. Primary reformer terdiri dari flange dan top tube dibuat dari material yang berbeda. Pada flange menggunakan baja karbon dan pada top tube menggunakan baja tahan karat. Kedua material tersebut disambung dengan menggunakan las GTAW (Gas Tungsten arc Welding) dengan filler metal inconel 82. Tetapi ditemukan kobocoran antara sambungan flange dengan baja karbon dan logam las pada material filler metal inconel 82. Tugas akhir ini meneliti pengaruh PWHT terhadap kualitas hasil pengelasan DMW. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini dapat mengungkap lebih jelas penyebab kebocoran pada pipa Primary Reformer di atas. Beberapa pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain : PWHT (tungku heatreatment), struktur mikro (mikroskop optik), dan nilai kekerasan (mikro vikers). Pengujian struktur mikro didapatkan hasil pelebaran ukuran dark band efek dari variasi temperatur PWHT pada batas fusi sambungan baja karbon dan weld metal, serta terjadi pengkasaran butir pada daerah HAZ baja karbon yang berstruktur full ferit. Nilai kekerasan pada daerah dark band ini lebih tinggi dibanding daerah lainya, dan menurunya nilai kekerasan pada daerah HAZ baja karbon. Turunnya nilai kekerasan pada HAZ baja karbon dapat menimbulkan kegagalan jika komponen ini semakin lama dipakai pada aplikasi tersebut. Kata Kunci: Primary Reformer, disbonding, DMW, PWHT, struktur mikro, nilai kekerasan, dark band, pengkasaran butir.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41567
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jan 2014 15:14
Last Modified:22 Jan 2014 15:14

Repository Staff Only: item control page