EFEK HIDROMAGNETIK TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL PADA SISTEM HOT EGR

NOFICA, GIAN and Syaiful, Dr., ST, MT (2012) EFEK HIDROMAGNETIK TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL PADA SISTEM HOT EGR. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Department, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
508Kb
[img]
Preview
PDF
126Kb
[img]
Preview
PDF
907Kb
[img]
Preview
PDF
847Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

766Kb
[img]
Preview
PDF
212Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id

Abstract

Mesin diesel banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari pada dunia industri khususnya. Dalam proses transportasi pengiriman barang hasil produksi atau bahan baku mentah sebelum diproses dipabrik atau dalam usaha jasa transportasi. Mesin diesel banyak digunakan pada kendaraan niaga seperti truk, bus atau angkutan umum. Karena dianggap mempunyai tenaga besar dan irit bahan bakar hanya saja sisa pembakaran yang dihasilkan mesin diesel di pandang pencemaran lingkungan yang cukup besar, karena hasil pembakarannya berupa carbon berwarna hitam. Mesin diesel telah dikenal sebagai jenis motor bakar yang mempunyai efisiensi tinggi. Salah satu keunggulan mesin diesel adalah sistem pembakarannya menggunakan compression-ignition sehingga memungkinkan tercapainya tekanan awal yang tinggi sebelum terjadi proses pembakaran. EGR (Exhaust Gas Recirculation) adalah alternatif untuk mengurangi asap hitam/ carbon yang berlebih, untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar. Hot EGR adalah suatu metode yang digunakan untuk mensirkulasikan gas buang kembali ke intake manifold. Gas buang yang disirkulasikan dipanaskan terlebih dahulu dengan menggunakan Heater. Dalam hal ini, gas buang sebelum masuk kembali ke ruang bakar temperaturnya dinaikan menjadi 100oC. Pada pengujian ini juga digunakan Ring Magnetik yang dipasang pada selang bahan bakar sebelum masuk ke dalam mesin yang bertujuan menyetarakan ion yang tidak beraturan sehingga setelah melewati Ring magnet ion-ion tersebut menjadi beraturan dan memudahkan mesin untuk melakukan proses pembakan dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Pengujian ini dilakukan dengan beberapa variasi, yaitu variasi beban, rpm, % EGR. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa peningkatan dan penurunan nilai Daya, BMEP, dan ϕ tidak terlihat signifikan dengan adanya Hot EGR dan Ring Magnetik. Yang mempengaruhi nilai tersebut adalah peningkatan beban dan rpm. Penggunaan Hot EGR dan Ring Magnetik menyebabkan nilai ṁƒ semakin turun, ηf meningkat dan ηv turun dibandingkan tanpa menggunakan hot EGR dan Ring Magnetik. Kata kunci: Performa mesin diesel, Heater - EGR, Ring Magnetik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41566
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jan 2014 15:09
Last Modified:23 Jan 2014 11:06

Repository Staff Only: item control page