Praditha, Enricko Luthfan and DjoeliSatrijo, Ir. , MT (2012) DESAIN DAN ANALISA GERBONG KERETA APIPENGANGKUT BATUBALLASTDENGANMETODE ELEMEN HINGGA. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.
| PDF 544Kb | |
| PDF 759Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 6Mb | ||
| PDF 968Kb |
Official URL: http://mesin.undip.ac.id
Abstract
Dalamduniapengangkutanmassal, keretaapimerupakanmodatransportasi yang memilikiperanansangatbesar. Gerbongbarangadalahalatpengangkut yang ditarikolehlokomotifsehinggamenjadisebuahrangkaiankeretaapi.Gerbongbarangterdiridaribermacamrupadenganfungsiangkutdankapasitas yang berbeda-beda.Salah satucontohpengangkutanbarang yang cukuppentingadalahpengangkutanbatu ballast, yang biasanyadigunakandalampemeliharaanjalan rel. Gerbongpengangkutbatu ballast dituntutuntuksemakinefisiendantangguh.Gunamendukungfungsinya, makadiperlukansuatuperancangansebuahgerbongbarangpengangkutbatu ballast sertaanalisaterhadapgerbongbarangtersebut.Gerbongbarangdirancangmengacupadastandar JIS (Japan Industrial Standart) danPeraturanMenteriPerhubunganNomor : KM 43Tahun 2010 TentangStandarSpesifikasiTeknisGerbong.Gerbongbarangdianalisakekuatannyamenggunakanmetodeelemenhingga (MEH).Beban yang bekerjapadastruktur, disimulasikanmendekatipembebanan yang sebenarnya.Bebanutama yang dikenakanadalahbebanmuatanseberat 35 ton.Hasilanalisamenggunakanperangkatlunak MEH, menunjukkanbahwastrukturkeretamasihamandalamsegitegangan, defleksi, maupunkegagalanlelah. Kata kunci: metodeelemenhingga, gerbongbarang, tegangan, kegagalanlelah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
ID Code: | 41562 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 22 Jan 2014 14:42 |
Last Modified: | 22 Jan 2014 14:42 |
Repository Staff Only: item control page