PENGEMBANGAN KONSTRUKSI BUILD PART DAN PENGATURAN PARAMETER DEPOSISI SERBUK Cu PADA PEMBUATAN PRODUK 3D DENGAN PROSES MATERIAL DEPOSITION-INDIRECT SINTERING ( MD-Is )

HIDAYAT, WAHYU and Widyanto, Susilo Adi., Dr. ST,MT (2012) PENGEMBANGAN KONSTRUKSI BUILD PART DAN PENGATURAN PARAMETER DEPOSISI SERBUK Cu PADA PEMBUATAN PRODUK 3D DENGAN PROSES MATERIAL DEPOSITION-INDIRECT SINTERING ( MD-Is ). Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
298Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1397Kb

Abstract

Penelitian dan pengembangan pembuatan produk dengan proses Material Deposition-Indirect Sintering (MD-Is) masih terus dilakukan. Hal tersebut didasarkan pada berbagai kelebihan yang dimilikinya seperti kemampuan untuk menghasilkan produk dengan geometri kompleks yang tidak dapat dibuat melalui proses permesinan konvesional, kemudahan proses pengoperasian dan peluang untuk dapat dihasilkannya produk multi material. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan proses MD-Is dalam pembuatan produk tembaga. Penelitian ini dilakukan dengan mengikuti metodologi : proses rancang bangun konstruksi build part dan konstruksi rel, penyiapan serbuk penyangga berbahan besi cor dengan ukuran partikel 75-100 μm dan 100-150 μm, optimasi massa alir serbuk produk (serbuk tembaga ukuran 53-63 μm) dan pengujian lintasan deposisi, pengujian massa alir serbuk penyangga dan percobaan pembuatan produk Cu dengan memvariasikan pengaturan parameter deposisi gap, scanning gap dan feeding speed. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan konstruksi build part yang dapat diangkat dari mesin pendeposisi serbuk secara efektif dapat meningkatkan kemampuan proses MD-Is untuk pembuatan produk sintering dengan temperatur tinggi (900oC – serbuk tembaga). Aliran serbuk yang kontinyu pada metode ulir pengumpan hoper nosel dihasilkan pada pengaturan jarak ulir pengumpan terhadap lubang nosel = 0,5 mm, putaran ulir pengumpan = 211 rpm dan perbandingan diameter nosel dengan diameter ulir pengumpan (D/d) = 1,2 mm/0,8 mm. Dari hasil pengujian lintasan deposisi diperoleh bahwa pada pengaturan deposition gap = 2 mm , feeding speed = 100 mm/menit menghasilkan lebar lintasan = 2,25 mm dan tinggi lintasan= 1 mm. Hasil pengujian massa alir serbuk penyangga dari mekanisme slot pengumpan menunjukkan bahwa massa alir serbuk ukuran 75-100 μm dan 100-150 μm masing-masing adalah 2,626 gram/ bukaan dan 10,454 gram/ bukaan. Variasi scanning gap = 2 mm menghasilkan produk dengan tingkat keakurasian dimensi lebih baik. Ukuran partikel serbuk penyangga 75-100 μm menghasilkan penyusutan lebih kecil dari pada ukuran partikel 100-150 μm. Kata kunci: MD-Is, build part, mampu alir, parameter deposisi, hasil produk.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41556
Deposited By:Mrs yuni nurjanah
Deposited On:22 Jan 2014 14:15
Last Modified:15 Nov 2014 14:29

Repository Staff Only: item control page