EFEK PENGGUNAAN RING DIESEL MAGNETIK TERHADAP EMISI JELAGA MESIN DIESEL 2300CC BERBAHAN BAKAR SOLARMENGGUNAKAN SISTEM HOT EGR

ANDRIYANTO, IBNU DWI SUGI and Arijanto, Ir., MT (2012) EFEK PENGGUNAAN RING DIESEL MAGNETIK TERHADAP EMISI JELAGA MESIN DIESEL 2300CC BERBAHAN BAKAR SOLARMENGGUNAKAN SISTEM HOT EGR. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Department, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
2030Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

13Mb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id

Abstract

Pemanasan global saat ini menjadi topik utama yang selalu dibicarakan, karena efeknya berkaitan dengan kehidupan seluruh umat manusia di bumi. Salah satu penyebab pemanasan global adalah gas buangkendaraan bermotor yang kurangsempurna.Jenis kendaraan yang kurang ramah lingkungan salah satunya adalah kendaraan diesel.Karena mesindiesel merupakanjenis motor bakar yang mempunyaiemisi jelagatinggi. EGR (Exhaust Gas Recirculation) padapenelitian mesin diesel ini digunakan untuk menurunkan emisi Nox dan zat-zat berbahaya dari gas buang mesin diesel. EGR disini adalah suatu metode yang digunakan untuk mensirkulasikan gas buang kembali ke intake manifold. Pada penelitian ini, gas buang yang disirkulasikan distabilkan terlebih dahulu dengan menggunakan heater pada temperatur 100oC. Sedangkan untuk ring diesel magnetik berfungsi untuk menyearahkan ion-ion dari bahan bakar solar yang melaluinya agar pembakarannya lebih sempurna. Pengujian yang dilakukan disini dengan beberapa variasi, yaitu variasi beban, rpm, % EGR, dan variasi pemakaian ring diesel magnetik. Dari hasil pengujian pada pembebanan 100%, EGR 20,9%, dan putaran 2100 rpm, bahan bakar solar yang tidak melewati ring diesel magnetik menghasilkan nilai smoke opacity sebesar 29,625. Nilai itu akan berkurang menjadi 29,083 setelah melalui ring diesel magnetik. Dari berbagai variasi pengujian diperoleh efisiensi terbaik pada pembebanan 25%, EGR 13,9%, dan putaran 1300 rpm, untuk bahan bakar solar yang tidak dilewatkan ring diesel magnetik menghasilkan efisiensi 14,204%. Dan akan meningkat 10% menjadi 15,6% setelah bahan bakar dilewatkan ring diesel magnetik. Katakunci:emisi jelagamesin diesel,Heater-EGR,temperatur – EGR,ring diesel – EGR.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41555
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jan 2014 14:09
Last Modified:23 Jan 2014 11:11

Repository Staff Only: item control page