EFEK MAGNETIK TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL PADA SISTEM COLD EGR MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR SOLAR

PRASETYO, BAYU EKO and Dr. Syaiful, ST, MT, Syaiful (2012) EFEK MAGNETIK TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL PADA SISTEM COLD EGR MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR SOLAR. Undergraduate thesis, mechanical engineering department, faculty engineering of Diponegoro university.

[img]
Preview
PDF
444Kb
[img]
Preview
PDF
631Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2291Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id/

Abstract

Mesin diesel banyak digunakan dalam dunia industri khususnya dalam proses transportasi pengiriman barang hasil produksi atau bahan baku mentah sebelum diproses dipabrik atau dalam usaha jasa transportasi. Mesin diesel banyak digunakan pada kendaraan niaga seperti truk,bus atau angkutan umum. Karena dianggap mempunyai tenaga besar dan irit bahan bakar. Mesin diesel telah dikenal sebagai jenis motor bakar yang mempunyai efisiensi tinggi. Salah satu keunggulan mesin diesel adalah sistem pembakarannya menggunakan compression-ignition sehingga memungkinkan tercapainya tekanan awal yang tinggi sebelum terjadi proses pembakaran. EGR (Exhaust Gas Recirculation) pada mesin diesel digunakan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar. cold EGR adalah suatu metode yang digunakan untuk mensirkulasikan gas buang kembali ke intake manifold. Gas buang yang disirkulasikan didinginkan terlebih dahulu dengan menggunakan heat exchanger. Dalam hal ini, gas buang sebelum masuk kembali ke ruang bakar temperaturnya diturunkan menjadi 37oC. Pada pengujian ini juga digunakan Ring Magnetik untuk menghemat bahan bakar. Pengujian ini dilakukan dengan beberapa variasi, yaitu variasi beban, rpm, % EGR. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa peningkatan dan penurunan nilai Daya, BMEP, dan ϕ tidak terlihat signifikan dengan adanya cold EGR dan ring magnetik. Yang mempengaruhi nilai tersebut adalah peningkatan beban dan rpm. Penggunaan cold EGR dan ring magnetik menyebabkan nilai ṁƒ semakin turun, ηf meningkat dan ηv turun dibandingkan tanpa menggunakan cold EGR dan ring magnetik. Kata kunci: performa mesin diesel, heat exchanger - EGR, ring magnetik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41517
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jan 2014 10:31
Last Modified:22 Jan 2014 10:32

Repository Staff Only: item control page