PENGEMBANGAN MEKANISME DEPOSISI SERBUK PENYANGGA DAN PEMBUATAN CONTOH PRODUK DENGAN PROSES MATERIAL DEPOSITION INDIRECT SINTERING (MD-IS)

TOHIRIN, TOHIRIN and Widyanto, Susilo Adi., Dr., ST, MT (2012) PENGEMBANGAN MEKANISME DEPOSISI SERBUK PENYANGGA DAN PEMBUATAN CONTOH PRODUK DENGAN PROSES MATERIAL DEPOSITION INDIRECT SINTERING (MD-IS). Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Department, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
346Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1441Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id

Abstract

Penelitian dan pengembangan pembuatan produk dengan proses material deposition indirect sintering (MD-Is) masih terus dilakukan oleh para ilmuwan di seluruh dunia. Hal tersebut didasarkan pada berbagai kelebihan yang dimilikinya seperti kemampuan untuk menghasilkan produk dengan geometri kompleks, kemudahan proses pengoperasian dan peluang untuk dapat dihasilkannya produk multi material. Seiring dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan proses MD-Is dalam pembuatan produk berbahan serbuk tembaga. Penelitian dilakukan dengan mengikuti metodologi: proses rancang bangun konstruksi build part dan konstruksi rel, penyiapan serbuk penyangga berbahan besi cor dengan ukuran partikel 75-100 μm dan 100-150 μm, optimasi mampu alir serbuk penyangga, pengaruh arah pengerolan pada deposisi serbuk produk dan percobaan pembuatan produk dengan proses MD-Is. Hasil pengujian mampu alir serbuk penyangga dari mekanisme slot pengumpan sebelum dilakukan pengembangan, menghasilkan rata-rata 5,252 gram/detik untuk ukuran partikel 75-100 μm dan 25,100 gram/detik partikel berukuran 100-150 μm. Setelah dilakukan pengembangan pada mekanisme slot pengumpan, hasil pengujian menunjukkan bahwa mampu alir serbuk penyangga ukuran 75-100 μm dan 100-150 μm masing-masing adalah 20,908 gram/detik dan 64,100 gram/detik. Variasi scanning gap yang sesuai dalam uji pembuatan produk adalah 2 mm. Akurasi dimensi produk terbaik diperoleh pada harga rasio pengerolan sama dengan 1. Ukuran partikel serbuk penyangga menghasilkan perubahan tingkat penyusutan produk. Ukuran partikel serbuk penyangga 75-100 μm dan 100-150 μm masing-masing menghasilkan ketebalan spesimen = 9 mm dan 8,5mm. Setelah proses sinter mengakibatkan permukaan hasil produk terbentuk cekungan (curling). Kata kunci: MD-Is, Build part, Mampu alir, parameter deposisi, Hasil produk.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41514
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jan 2014 10:10
Last Modified:23 Jan 2014 11:29

Repository Staff Only: item control page