EFEK MAGNETIK TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL PADA SISTEM COLD EGR MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR CAMPURAN SOLAR – MINYAK JARAK

FADLI, MUHAMMAD FARID and Ir. Arijanto, MT, Arijanto (2012) EFEK MAGNETIK TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL PADA SISTEM COLD EGR MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR CAMPURAN SOLAR – MINYAK JARAK. Undergraduate thesis, mechanical engineering department, faculty engineering of Diponegoro university.

[img]
Preview
PDF
522Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4088Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id/

Abstract

Mesin diesel telah dikenal sebagai jenis motor bakar yang mempunyai efisiensi tinggi. Salah satu keunggulan mesin diesel adalah sistem pembakarannya menggunakan compression-ignition sehingga memungkinkan tercapainya tekanan awal yang tinggi sebelum terjadi proses pembakaran. Hal ini menjadikan mesin diesel mempunyai fleksibilitas jenis bahan bakar yang bisa digunakan. Salah satunya adalah minyak nabati (biofuel). Jatropha telah dikenal sebagai bahan bakar alternatif terbarukan yang menarik yang dihasilkan dari minyak nabati. Oleh karena itu penggunaan Jatropha adalah pilihan yang tepat sebagai alternatif bahan bakar untuk mesin diesel dalam menghadapi krisis minyak bumi di dunia. EGR (Exhaust Gas Recirculaing) pada mesin disel digunakan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar. Cold EGR adalah suatu metode yang digunakan untuk mensirkulasikan gas buang kembali ke intake manifold. Pada penelitian ini, gas buang yang disirkulasikan didinginkan terlebih dahulu dengan menggunakan heat exchanger. Dalam hal ini, gas buang sebelum masuk kembali ke ruang bakar temperaturnya diturunkan menjadi 37oC. Pada penelitian ini, bahan bakar yang masuk saluran pada ring magnet elektrik akan dipanaskan terlebih dahulu menggunakan ring magnet elektrik. Pengujian ini dilakukan dengan beberapa variasi, yaitu variasi beban, rpm, % EGR, penggunaan dan tanpa ring magnet elektrik, temperatur EGR 37oC, dan variasi campuran jatropha - solar. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa peningkatan dan penurunan nilai Daya, BMEP, dan ϕ tidak terlihat signifikan dengan adanya Cold EGR. Yang mempengaruhi nilai tersebut adalah peningkatan beban dan rpm. Penggunaan Cold EGR dengan variasi campuran bahan bakar menyebabkan nilai BSFC semakin turun, ηf meningkat dan ηv turun dibandingkan tanpa menggunakan cold EGR. Kata kunci: performa mesin diesel, heat exchanger - EGR, ring magnet elektrik, bahan bakar campuran solar - minyak jarak

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41496
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jan 2014 08:32
Last Modified:23 Jan 2014 09:01

Repository Staff Only: item control page