KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH LAJU ALIRAN TERHADAP EFEKTIVITAS FLAT PLATE HEAT EXCHANGER ALUMUNIUM DENGAN JARAK ANTAR PLAT 15 mm

K, CHANDRA and Arijanto, Ir., MT. and Yunianto, MSc., Bambang., Ir., (2012) KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH LAJU ALIRAN TERHADAP EFEKTIVITAS FLAT PLATE HEAT EXCHANGER ALUMUNIUM DENGAN JARAK ANTAR PLAT 15 mm. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Department, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
410Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1516Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id

Abstract

Suatu alat penukar kalor (heat exchanger) dituntut untuk memiliki kinerja yang baik agar dapat diperoleh hasil yang maksimal serta dapat menunjang penuh terhadap suatu operasional unit, karena alat penukar kalor sangat berpengaruh dalam industri terhadap keberhasilan keseluruhan rangkaian proses, karena kegagalan operasi alat ini baik akibat kegagalan mekanikal maupun operasional dapat menyebabkan berhentinya operasi unit. Salah satu karakteristik unjuk kerja dari penukar panas ini adalah efektivitas penukar panas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penukar kalor dari flat plate heat exchanger. Penelitian dilakukan dengan menggunakan air panas dan air dingin. Spesimen plat yang digunakan dalam penelitian ini terbuat dari alumunium yang berdimensi 500mm x 200mm x 1mm dengan jarak antar plat 15 mm, dan jumlah plat 6. Pada pengujian kali ini, fluida mengalir melalui heat exchanger dengan aliran searah (parallel flow) dan aliran berlawanan (counter flow). Dengan mengukur perubahan suhu yang terjadi antara sisi masuk dan keluar, serta mencatat besarnya laju aliran dari kedua fluida yang divariasikan, maka dapat dihitung nilai efektivitas perpindahan kalor dari penukar kalor tipe plat ini. Dari studi eksperimen terhadap alat penukar panas jenis flat plate heat exchanger yang sudah dilakukan diperoleh nilai efektivitas (ϵ) yang terbaik adalah sebesar 0.243 pada temperatur atur 70oC dan pada saat laju fluida panas 5.155 lt/min dan debit fluida dingin sebesar 11.407 lt/min dengan pengujian aliran berlawanan arah. Sedangkan pada pengujian dengan aliran searah efektivitas terbaik sebesar 0.212 didapatkan pada temperatur atur 70oC dengan laju fluida panas 5.155 lt/min serta laju fluida dingin 11.407 lt/min Kata kunci : Penukar kalor, efektivitas penukar kalor, counter flow, parallel flow.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41461
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Jan 2014 15:12
Last Modified:21 Jan 2014 15:14

Repository Staff Only: item control page