SIMULASI GERAK KENDARAAN JALAN RAYA JENIS TRUK AKIBAT MANUVER DAN PENGEREMAN

TANOYO, GALIH INDRO and SETIAWAN, Joga Dharma, phD (2012) SIMULASI GERAK KENDARAAN JALAN RAYA JENIS TRUK AKIBAT MANUVER DAN PENGEREMAN. Undergraduate thesis, mechanical engineering department, faculty engineering of Diponegoro university.

[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
253Kb
[img]
Preview
PDF
280Kb
[img]
Preview
PDF
5Kb
[img]
Preview
PDF
26Kb
[img]
Preview
PDF
32Kb
[img]
Preview
PDF
37Kb
[img]
Preview
PDF
25Kb
[img]
Preview
PDF
101Kb
[img]
Preview
PDF
122Kb
[img]
Preview
PDF
80Kb
[img]
Preview
PDF
55Kb
[img]
Preview
PDF
60Kb
[img]
Preview
PDF
956Kb
[img]
Preview
PDF
1094Kb
[img]
Preview
PDF
55Kb
[img]
Preview
PDF
118Kb
[img]
Preview
PDF
418Kb
[img]
Preview
PDF
48Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

944Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4Mb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id/

Abstract

Perkembangan industri otomotif akhir-akhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga memacu persaingan antar produsen untuk membuat kendaraan dengan variasi bentuk, tipe dan spesifikasi yang beraneka ragam agar menarik minat para konsumen dalam hal kenyamanan, unjuk kerja, dan keselamatan. Dalam mendukung perkembangan industri otomotif tersebut, diperlukan penelitian yang mampu mensimulasikan dinamika kendaraan jalan raya jenis truk, terutama untuk mensimulasikan fenomena rollover dimana body kendaraan mengalami rolling yang berlebihan terhadap sumbu longitudinalnya dan dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Laporan ini mencoba untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi performance handling dan pengereman kendaraan jalan raya jenis truk yang muncul pada saat berada di lintasan lurus dan menurun dengan menggunakan software TruckSim 8.0. Model kendaraan tersebut kemudian disimulasikan dengan input J-Turn Maneuver dengan steering angle 3300 dan input Brake Master Cylinder Pressure sebesar 10 Mpa dengan kecepatan awal 60 km/jam. Output dari simulasi ini terdiri dari 5 grafik untuk vehicle motion dan 3 grafik untuk gaya-gaya pada ban. Output tersebut terdiri dari kecepatan longitudinal, kecepatan lateral, lateral force, longitudinal force, normal force, roll angle, slip angle, dan yaw rate. Kata Kunci : Kendaraan Jalan Raya, performance handling, pengereman

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41453
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Jan 2014 14:35
Last Modified:21 Jan 2014 15:17

Repository Staff Only: item control page