TANOYO, GALIH INDRO and SETIAWAN, Joga Dharma, phD (2012) SIMULASI GERAK KENDARAAN JALAN RAYA JENIS TRUK AKIBAT MANUVER DAN PENGEREMAN. Undergraduate thesis, mechanical engineering department, faculty engineering of Diponegoro university.
| PDF 16Kb | |
| PDF 253Kb | |
| PDF 280Kb | |
| PDF 5Kb | |
| PDF 26Kb | |
| PDF 32Kb | |
| PDF 37Kb | |
| PDF 25Kb | |
| PDF 101Kb | |
| PDF 122Kb | |
| PDF 80Kb | |
| PDF 55Kb | |
| PDF 60Kb | |
| PDF 956Kb | |
| PDF 1094Kb | |
| PDF 55Kb | |
| PDF 118Kb | |
| PDF 418Kb | |
| PDF 48Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 944Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 4Mb |
Official URL: http://mesin.undip.ac.id/
Abstract
Perkembangan industri otomotif akhir-akhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga memacu persaingan antar produsen untuk membuat kendaraan dengan variasi bentuk, tipe dan spesifikasi yang beraneka ragam agar menarik minat para konsumen dalam hal kenyamanan, unjuk kerja, dan keselamatan. Dalam mendukung perkembangan industri otomotif tersebut, diperlukan penelitian yang mampu mensimulasikan dinamika kendaraan jalan raya jenis truk, terutama untuk mensimulasikan fenomena rollover dimana body kendaraan mengalami rolling yang berlebihan terhadap sumbu longitudinalnya dan dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Laporan ini mencoba untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi performance handling dan pengereman kendaraan jalan raya jenis truk yang muncul pada saat berada di lintasan lurus dan menurun dengan menggunakan software TruckSim 8.0. Model kendaraan tersebut kemudian disimulasikan dengan input J-Turn Maneuver dengan steering angle 3300 dan input Brake Master Cylinder Pressure sebesar 10 Mpa dengan kecepatan awal 60 km/jam. Output dari simulasi ini terdiri dari 5 grafik untuk vehicle motion dan 3 grafik untuk gaya-gaya pada ban. Output tersebut terdiri dari kecepatan longitudinal, kecepatan lateral, lateral force, longitudinal force, normal force, roll angle, slip angle, dan yaw rate. Kata Kunci : Kendaraan Jalan Raya, performance handling, pengereman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
ID Code: | 41453 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 21 Jan 2014 14:35 |
Last Modified: | 21 Jan 2014 15:17 |
Repository Staff Only: item control page