PENGARUH BILANGAN REYNOLD TERHADAP KECEPATAN TURBIN GORLOV HYDROFOIL NACA 64-015 SUDUT KEMIRINGAN 45°

PURBA, JABONGAR SIHARDO and Ir. Sudargana. MT, Ir. Sudargana. MT (2011) PENGARUH BILANGAN REYNOLD TERHADAP KECEPATAN TURBIN GORLOV HYDROFOIL NACA 64-015 SUDUT KEMIRINGAN 45°. Undergraduate thesis, mechanical engineering department, faculty engineering of Diponegoro university.

[img]
Preview
PDF
593Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1356Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id/

Abstract

Kebutuhan akan energi dari tahun ke tahun semakin meningkat sementara cadangan energi yang berasal dari fosil seperti minyak bumi dan batu bara semakin menipis. Hal ini akan menyebabkan terjadinya krisis energi karena sumber energi tersebut adalah sumber energi yang tak terbarukan. Untuk mengatasi permasalahan energi ini perlu dicari sumber-sumber energi baru yang terbarukan, sehingga tidak akan terjadi krisis energi di masa yang akan datang. Indonesia memiliki lautan yang sangat luas, sehingga potensi arus lautnya dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif. Pada Tugas Akhir ini terdiri dari persiapan dan pengujian terhadap turbin Gorlov dengan pemodelan, yaitu dengan diameter 17 cm, dengan blade menggunakan NACA 64-015 panjang chord 50 mm dan sudut 45°. Pengujian dilakukan pada sebuah saluran uji yang memiliki penampang persegi panjang 30 cm x 32 cm dengan variasi bilangan Reynold pada 12100, 13950, dan 16663 untuk menganalisis kecepatan yang dihasilkan turbin tersebut. Dari hasil pengujian, kecepatan yang dihasilkan turbin Gorlov tersebut pada bilangan Reynold 12100, 13950, dan 16663 berturut-turut adalah 3.19 rad/s, 3.32 rad/s, dan 5.80 rad/s.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41388
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Jan 2014 09:09
Last Modified:23 Jan 2014 11:49

Repository Staff Only: item control page