PENYUSUNAN SCHEDULE PERAWATAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 SUB-ASSEMBLY ENGINE BERBASIS RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)

Askhabulyamin, Askhabulyamin and Wibowo, Dwi Basuki, Ir. MS (2011) PENYUSUNAN SCHEDULE PERAWATAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 SUB-ASSEMBLY ENGINE BERBASIS RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM). Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
478Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1920Kb

Abstract

Populasi sepeda motor semakin meningkat beberapa tahun ini, sejalan dengan hal itu frekuensi kecelakaan juga semakin meningkat karena faktor kelalaian pengendara dan kegagalan komponen karena kurangnya perawatan. Perawatan merupakan aspek yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah sepeda motor. Sepeda motor dapat bekerja dengan baik apabila sub-assembly yang berada di dalamnya diperlakukan dengan baik. Salah satunya adalah sub-assembly engine, di mana beberapa komponen menerima beban berat dan saling bergesekan. Kondisi tersebut metode perawatan yang baik perlu dilakukan. Perawatan yang baik dan rutin akan membuat usia pakai sub-assembly engine pada sepeda motor jauh lebih lama. Salah satu metode perawatan yang baik adalah Reliability Centered Maintenance (RCM) dengan mengembangkan kegagalan yang terjadi pada sub-assembly. Sub-assembly engine sepeda motor terdiri dari banyak komponen, dan beberapa komponen merupakan komponen kritis. Kegagalan fungsi pada komponen kritis akan membuat sistem rusak bahkan breakdown. RCM terdapat beberapa jenis perawatan yaitu preventive, reactive, predictive testing and inpection dan proactive maintenance. Penerapan RCM melalui beberapa tahap antara lain: Failure Mode Critical Effect Critical Analysis (FMECA), Logic Tree Analysis (LTA), estimasi umur, penyusunan schedule perawatan dan evaluasi. Tahap-tahap tersebut dilakukan dengan mengembangkan kegagalan pada sub-assembly dan penyebabnya. Setelah itu dilakukan pengujian operasional untuk memperoleh kondisi riil dari sepeda motor, dan penyusunan daftar resiko yang akan terjadi bila dalam pemakaian sepeda motor tidak normal dan perawatan yang kurang baik dari mulai kerusakan komponen sehingga perlu penggantian sampai terjadinya kecelakaan. Untuk melengkapi schecdule perawatan standar yang telah ada, perlu dibuat software CMMS (Computerize maintenance Managemen System), yaitu software untuk mendata kegiatan perawatan dari sepeda motor. sehingga terdata secara rinci data historis dari kendaraan yang digunakan untuk keperluan evaluasi. Kata kunci : sepeda motor, engine, RCM, kegagalan, breakdown, schedule, perawatan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41386
Deposited By:Mrs yuni nurjanah
Deposited On:21 Jan 2014 08:58
Last Modified:21 Jan 2014 08:59

Repository Staff Only: item control page