SIMULASI NUMERIK EFEK PENCAMPUR STATIK TERHADAP DISTRIBUSI MASSA AMMONIA DI DALAM SISTEM NH3-SCR CATALYTIC FILTER UNTUK APLIKASI MESIN DIESEL TRUK

Kerthapati, I Dewa Made Dwiagung and Syaiful, Dr.ST, MT (2011) SIMULASI NUMERIK EFEK PENCAMPUR STATIK TERHADAP DISTRIBUSI MASSA AMMONIA DI DALAM SISTEM NH3-SCR CATALYTIC FILTER UNTUK APLIKASI MESIN DIESEL TRUK. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1261Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4000Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id

Abstract

Semakin banyaknya kendaraan bermotor merupakan salah satu faktor semakin tingginya tingkat pencemaran udara yang disebabkan oleh gas buang. Kandungan gas buang itu sendiri sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi manusia dan lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut maka dikeluarkanlah beberapa regulasi tentang emisi gas buang. Standar yang biasa digunakan adalah EPA standard dan EUROstandard. Di Indonesia sendiri peraturan mengenai emisi gas buang kendaraan diatur dalam Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 141 tahun 2003 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor yang mengacu pada standar EURO 2. Salah satu cara untuk mengurangi emisi gas buang adalah penggunaan sistem Selective Catalytic Reduction (SCR) pada saluran gas buang kendaraan. Berbagai studi terus dilakukan untuk menyempurnakan sistem SCR, maka untuk semakin menyempurnakan sistem SCR tersebut dilakukan analisa untuk mengetahui efek pencampur statik terhadap distribusi massa ammonia dengan menggunakan simulasi software CFD. Penggunaan software akan sangat membantu karena analisa akan lebih mudah dilakukan dan efisien. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan model aliran incompressible flow dengan properties material polynomial berdasarkan fungsi temperatur. Analisa dilakukan dengan membandingkan indeks pencampuran antara sistem yang menggunakan pencampur statik dan sistem tanpa pencampur statik pada variasi GHSV 10000, 20000, 30000, dan 40000. Hasil analisa menunjukkan penggunaan pencampur statik memberikan sedikit perbedaan indeks pencampuran massa ammonia dimana hasil pencampuran menjadi lebih baik. Selain itu penggunaan pencampur statik juga dapat memaksimalkan geometri sistem SCR. Kata-kata Kunci: SCR, CFD, pencampur statik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41382
Deposited By:Mrs yuni nurjanah
Deposited On:21 Jan 2014 08:44
Last Modified:21 Jan 2014 08:44

Repository Staff Only: item control page