KAJI EKSPERIMENTAL KOMPOR GAS HEMAT ENERGI MEMANFAATKAN ELEKTROLISA AIR DENGAN ELEKTRODA COAXIAL BERLARUTAN SODA API (NaOH)

Aji, Joko Mandiro Waskito and Arijanto, Ir. MT (2011) KAJI EKSPERIMENTAL KOMPOR GAS HEMAT ENERGI MEMANFAATKAN ELEKTROLISA AIR DENGAN ELEKTRODA COAXIAL BERLARUTAN SODA API (NaOH). Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
613Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2215Kb

Abstract

Rencana kenaikan harga bahan bakar, terutama LPG tentu semakin menambah beban hidup masyarakat. Upaya yang dapat dilakukan adalah bagaimana kita dapat menghemat pemakaian LPG. Upaya penghematan pemakaian LPG salah satunya dengan menambah alat penghemat pada rangkaian kompor LPG, yaitu alat untuk memproduksi gas HHO atau biasa disebut Gas Brown. Penelitian dilakukan dengan menambahkan elektroliser HHO pada kompor gas menggunakan elektroda stainless steel berbentuk coaxial dengan variasi konfigurasi larutan elektrolit NaOH 3 gram, 6 gram, 8 gram, 9 gram, 10 gram, dan 12 gram dalam setiap 1,5 liter aquades. Penelitian meliputi pengujian untuk mengetahui besarnya penghematan pengunaan LPG pada kompor gas dengan adanya penambahan elektroliser HHO dan pengujian produksi jumlah HHO dari elektroliser HHO. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa konfigurasi elektrolit NaOH 3 gram dengan elektroda stainless steel berbentuk coaxial menghasilkan penghematan LPG paling besar yaitu 18,78% dengan daya listrik yang diperlukan sebesar 21,72 watt. Dari pengujian diketahui bahwa dengan penambahan NaOH pada larutan elektrolit tidak selamanya akan menambah penghematan. Kata kunci : gas HHO, elektroliser HHO, NaOH, elektrolisa air, dan kompor gas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41372
Deposited By:Mrs yuni nurjanah
Deposited On:20 Jan 2014 14:45
Last Modified:20 Jan 2014 14:45

Repository Staff Only: item control page