PENGARUH PADUAN ABU BATUBARA DAN PASIR INTI COR BEKAS TERHADAP KAPASITAS PANAS DAN KEKUATAN TEKAN DINGIN SEBAGAI BAHAN REFRACTORI

Yanuar, Padang and Yurianto, Ir. M.T and Suryo, Sumar Hadi. Ir (2011) PENGARUH PADUAN ABU BATUBARA DAN PASIR INTI COR BEKAS TERHADAP KAPASITAS PANAS DAN KEKUATAN TEKAN DINGIN SEBAGAI BAHAN REFRACTORI. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
283Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2017Kb

Abstract

Penggunaan batubara sebagai bahan alternative bahan bakar menyebabkan meningkatnya limbah batubara yang berupa limbah dasar dan limbah abu terbang batubara, limbah tersebut akan memberikan pengaruh buruk bagi lingkungan. Peneliti berupaya untuk membantu memanfaatkan limbah batubara untuk mengurangi dampak negative dengan memadukan abu batubara, limbah pasir silica dan tanah liat sebagai bahan refractory. Pembuatan bahan refractory dengan komposisi 5%,10%,15%,20%,25% abu batubara, diharapkan dapat menghasilkan bahan refractory dengan kuat tekan yang tinggi, massa jenis yang ringan dan kapasitas panas yang rendah sehingga memenuhi syarat sebagai bahan refractory. Diharapkan penelitian tersebut dapat terus dikembangkan sehingga dapat meningkatkan nilai ekoonomis dari bahan limbah tersebut. Kata kunci: limbah, refractory, kuat tekan, kapasitas panas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41369
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jan 2014 14:38
Last Modified:20 Jan 2014 14:38

Repository Staff Only: item control page