KAJI EKSPERIMENTAL AWAL TURBIN AIR ROTOR SAVONIUS EMPAT TINGKAT BERSEKAT DENGAN RENTANG SUDUT 45° PADA VARIASI BILANGAN REYNOLD

MUGIAJI, SINUNG and Sudargana, Ir., MT (2011) KAJI EKSPERIMENTAL AWAL TURBIN AIR ROTOR SAVONIUS EMPAT TINGKAT BERSEKAT DENGAN RENTANG SUDUT 45° PADA VARIASI BILANGAN REYNOLD. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Department, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
728Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1445Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id

Abstract

Di dunia, tingkat produksi dan konsumsi bahan bakar fosil mengalami ketidakseimbangan, dimana konsumsi bahan bakar lebih tinggi dibanding produksinya, kondisi ini menyebabkan timbulnya potensi krisis energi. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu dicari sumber-sumber energi yang terbarukan. Indonesia memiliki lautan yang sangat luas, namun arus laut di perairan Indonesia memiliki kecepatan rendah, yaitu hanya sekitar 1,5 m/s. Kecuali selat-selat diantara pulau Bali, Lombok, dan Nusa Tenggara Timur yang memiliki kecepatan hingga 3,4 m/s. Maka belakangan ini dikembangkan beberapa turbin dengan skala kecil yang mampu berputar pada kecepatan rendah, sehingga cocok digunakan untuk perairan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik turbin Savonius empat tingkat bersekat dengan rentang sudut 45° pada variasi kecepatan arus air yang berbeda yaitu 0,098 m/s, 0,183 m/s dan 0,271 m/s untuk mencari daya dan efisiensi yang dihasilkan turbin tersebut. Dari hasil pengujian, turbin ini mampu berputar pada kecepatan sangat rendah, yaitu pada kecepatan 0.098 m/s. Sedangkan efisiensi yang dihasilkan turbin Savonius tersebut pada kecepatan 0,098 m/s, 0,183 m/s dan 0,271 m/s berturut-turut adalah 1,23% , 3,38% dan 1,60%. Kata kunci : Arus laut Indonesia, Efisiensi, Energi terbarukan, Rentang sudut 45°, Savonius empat tingkat bersekat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41361
Deposited By:Mrs yuni nurjanah
Deposited On:20 Jan 2014 14:19
Last Modified:23 Jan 2014 11:53

Repository Staff Only: item control page