ANALISA KEPEKAAN RETAK, DAN STRUKTUR MIKRO PADA DAERAH KRITIS REL FOOT BAJA AISI 50B60H YANG TELAH MENGALAMI PROSES PENGELASAN THERMITE

Setiyono, Bambang and Yurianto, Ir. MT (2011) ANALISA KEPEKAAN RETAK, DAN STRUKTUR MIKRO PADA DAERAH KRITIS REL FOOT BAJA AISI 50B60H YANG TELAH MENGALAMI PROSES PENGELASAN THERMITE. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
259Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2452Kb

Abstract

Tingginya tingkat kecelakaan kereta api dapat disebabkan oleh kualitas sambungan rel yang kurang baik. Kurangnya kualitas sambungan ini akan menimbukan cacat seperti retak. Apabila retak ini tidak ditangani secara efektif maka akan sangat berbahaya bagi keselamatan para pengguna jasa transportasi kereta api. Daerah sambungan rel terdiri dari tiga bagian, yaitu: daerah logam dasar (base metal), daerah HAZ (Heat Affected Zone), dan logam las (weld metal). Pada logam las dibutuhkan nilai kekerasan yang hampir sama dengan logam dasar, dan bebas dari cacat yang menyebabkan terjadinya retak. Pengujian yang dilakukan adalah: metalografi, pengujian kekerasan, impak, dan pengujian komposisi, sehingga data yang diperoleh dari pengujian dapat digunakan untuk mengetahui apakah proses pengelasan yang telah dilakukan dapat berfungsi dengan baik dan sesuai untuk proses penyambungan rel. Dari hasil pengujian, diperoleh nilai kekuatan impak rata-rata adalah sebesar 0,065 J/mm2. Harga kekerasan material pada daerah logam dasar adalah 24,9 0,17 HRC, daerah HAZ adalah 28,5 0,32 HRC, daerah las adalah 240,05 HRC. Struktur mikro terdiri dari ferrit dan pearlite (lebih banyak pearlite). Sifat kemampu lasan kurang baik dan rentan terhadap retak panas dan retak panas awal. Namun, aman akan retak dingin dan retak panas ulang. Kata kunci: kekerasan, kepekaan retak, logam las, pengelasan Thermite, impak, rel R-42

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41327
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jan 2014 11:49
Last Modified:17 Nov 2014 12:06

Repository Staff Only: item control page