AZIS, ABDUL and Haryanto, Ismoyo, Dr.-Ing. Ir. , MT (2011) ANALISA PENGARUH KEMIRINGAN KACA BELAKANG MOBIL TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIS MOBIL SEDAN. Undergraduate thesis, mechanical engineering department, faculty engineering university.
| PDF 4Mb | |
PDF Restricted to Repository staff only 935Kb |
Abstract
Simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) untuk mengetahui koefisien tahanan (Cd) model kendaraan jenis sedan,yaitu BMW 320i produksi tahun 2010. Proses simulasi terdiri dari tiga bagian yaitu preprocessing, solving, postprocessing. Tahap preprocessing, meliputi pembuatan model mobil dan penggenerasian mesh dengan menggunakan Gambit 2.3.16. Proses selanjutnya adalah solving dengan menggunakan FLUENT 6.3.26. Simulasi dilakukan dengan mengunakan model turbulen k-omega. Selanjutnya nilai koefisien tahanan yang diperoleh dibandingkan dengan nilai koefisien tahanan yang dikeluarkan oleh pabrikan. Tahap terakhir dari simulasi adalah proses postprocessing yaitu menampilkan hasil simulasi yang telah dilakukan berupa gambar atau grafik. Simulasi berikutnya adalah menentukan pengaruh variasi sudut kaca belakang mobil (α) terhadap koefisien tahanan. Dari hasil simulasi tersebut diperoleh grafik hubungan antara sudut kaca belakang mobil (α) dengan koefisien tahanan. Dari grafik tersebut dapat dilihat bahwa semakin kecil sudut kaca belakang mobil maka semakin kecil pula koefisien tahananya. Jadi pengecilan sudut kaca belakang mobil sedan dapat berfungsi untuk mereduksi koefisien tahanan. Kata kunci : desain mobil, simulasi CFD, FLUENT, model turbulensi k-omega SST.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
ID Code: | 41280 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 20 Jan 2014 11:36 |
Last Modified: | 20 Jan 2014 11:36 |
Repository Staff Only: item control page