Analisisi Minat Ibu Hamil ANC Poliklinik Kebidanan Terhadap Penggunaan Pelayanan Persalinan di RS Roemani Semarang,Tahun 2004

Aviyanti, Dian (2005) Analisisi Minat Ibu Hamil ANC Poliklinik Kebidanan Terhadap Penggunaan Pelayanan Persalinan di RS Roemani Semarang,Tahun 2004. Masters thesis, MIKM UNDIP.

[img]
Preview
PDF
497Kb

Abstract

Pada era globalisasi dan persaingan bebas kebutuhan pelayanan kesehatan yang bermutu menjadi tuntutan masyarakat. Salah satu indikator untuk mengukur minat adalah dengan mengukur kepuasan pasien terhadap persepsi pelayanan kesehatan yang diterimanya. Kepuasan yang rendah menggambarkan ketidak sesuaian antara persepsi pasien dengan penyelenggaraan pelayanan. Kepuasan yang rendah menyebabkan rendahnya minat pasien untuk menggunakan sarana pelayanan kesehatan tersebut. Menurunnya jumlah kunjungan ibu hamil yang melahirkan di RS Roemani dalam 3 tahun terakhir dirasa perlu untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan fasilitas pelayanan persalinan di Rumah Sakit Roemani yang berupa sarana, dokter, dan bidan terhadap minat ibu hamil dalam menggunakannya sebagai tempat bersalin. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional memakai metode survey dengan pendekatan cross sectional . Data primer dari 95 ibu hamil yang ANC di poliklinik kebidanan RS Roemani. Penelitian dilakukan selama bulan Nopember 2004. Analasisi data dengan univariat, bivariat, dan multivariat dengan mean sebagai cut of point. Hasil penelitian ini mendapatkan minat pasien yang bersalin di RS Roemani sebesar 36 orang (37,9%) ; sedangkan yang tidak berminat sebanyak 59 oarang (62,1%). Faktor yang mempengaruhi minat ibu hamil dalam menggunakan tempat bersalin adalah pengetahuan tentang ANC, pelayanan poliklinik, kemudahan dokter, kepercayaan terhadap dokter, ketanggapan bidan, dan sarana. Dari analisis multivariat didapatkan variabel kepercayaan terhadap dokter, kemudahan dokter, dan sarana paling berpengaruh terhadap minat dalam menggunakan pelayanan persalinan. Didapatkan tujuh hal yang menjadi prioritas perbaikan dalam pelayanan meliputi kebersihan kamar mandi, kenyamanan ruang tunggu, peralatan yang kurang modern, sikap bidan dalam menanggapi keluhan pasien, keramahan bidan dalam menyambut pasien, kesulitan dalam berkonsultasi dan membuat janji dengan dokter, dan keterlambatan dokter dalam memenuhi jadwal praktek. Disarankan kepada RS Roemani untuk meningkatkan kebersihan secara keseluruhan terutama kamar mandi, melengkapi alat yang lebih modern, pelatihan service excellent, dan cara berkomunikasi kepada pasien, khususnya untuk petugas kesehatan, pendekatan oleh pihak managemen kepada dokterdokter mitra agar mengurangi keterlambatan dalam memenuhi jadwal praktek dan menyediakan waktu yang cukup untuk konsultasi dengan pasien. Daftar bacaan 23 ( 1976 2003 )

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:4122
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2010 11:22
Last Modified:18 Jan 2010 11:22

Repository Staff Only: item control page