ANALISIS RENCANA STRATEGIS PEMASARAN LAYANAN UNGGULAN POLI MATA SEMARANG EYE CENTER DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG TAHUN 2013

SAPUTRO, DICKY DIAN (2013) ANALISIS RENCANA STRATEGIS PEMASARAN LAYANAN UNGGULAN POLI MATA SEMARANG EYE CENTER DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG TAHUN 2013. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Jumlah kunjungan pasien SEC semakin meningkat 5 tahun terakhir (2008-2012) dan belum mempunyai rencana stategis khusus pada rencana strategi pemasaran sehingga dibutuhkan rencana strategi pemasaran untuk mengembangkan unit SEC dikarenakan mulai bermunculan klinik-klinik atau poli dalam kesehatan mata. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis lingkungan internal dan eksternal unit SEC RSISA berdasarkan bauran pemasaran yang digunakan sebagai dasar penyusunan rencana strategis pemasaran Unit SEC RSISA.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian diambil dengan teknik purposive sampling meliputi direktur pelayanan keperawatan & medik, kabag unit SEC, kabag pemasaran, penanggung jawab lapangan unit SEC, dua dokter spesialis mata, perawat, petugas penunjang medis dan petugas nonmedis sebagai responden utama sedangkan dua pasien SEC sebagai responden triangulasi. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan kekuatan yang dimiliki adalah tekhnologi fasilitas penunjang medis terbaru, lokasi strategis, tarif terjangkau tenaga medis dan nonmedis yang baik. Kelemahan yang dimiliki adalah ruang tunggu kurang memadai, promosi belum maksimal, tumpang tindih pekerjaan perawat. Kesempatan yang dimiliki adalah layanan one stop service, memiliki kemitraan dengan institusi pemerintah dan swasta, dan pengadaan kegiatan bakti sosial. Ancaman yang dimiliki adalah letak unit SEC berada dipinggir kota, penomoran antrian masih manual, dan layanan poli mata banyak bermunculan Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa unit SEC berada pada kuadran pertama yang menunjukan posisi unit SEC untuk melakukan strategi agresif demi kemajuan dan perkembangan pelayan Unit SEC RSISA. Kata Kunci: Analisis Internal dan eksternal, Analisis SWOT, bauran pemasaran, Rencana strategis

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:41187
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jan 2014 11:13
Last Modified:02 Jan 2014 11:13

Repository Staff Only: item control page