PENGARUH RASA KEBERSAMAAN MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI DI DALAM PROGRAM PENINGKATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS (PLP-BK)

PUTRA, Arya Dwihening and ASNAWI, Asnawi (2011) PENGARUH RASA KEBERSAMAAN MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI DI DALAM PROGRAM PENINGKATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS (PLP-BK). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2509Kb

Abstract

Dunia perencanaan mencakup ruang lingkup fisik dan sosial di kalangan masyarakat. Sejalan dengan waktu, ilmu perencanaan mulai berkembang dari sebatas kajian perencanaan fisik menuju kajian perencanaan sosial. Menurut kajian teori perencanaan yang diungkapkan oleh John Friedman, kajian ilmu perencanaan sosial terbagi menjadi dua, yakni perencanaan yang bersifat top down dan perencanaan yang bersifat bottom up. Berdasarkan dua jenis ilmu perencanaan sosial tersebut, para ahli mulai mengembangkan metode-metode praktis dalam upaya merekayasa kondisi sosial, ekonomi, dan budaya guna mengarahkan pembangunan masyarakat menuju kondisi pembangunan yang madani. Inilah permulaan terbentuknya sebuah metode pengembangan masyarakat. Penelitian ini mencoba untuk melakukan sebuah observasi secara menyeluruh terhadap salah satu program pengembangan masyarakat bernama PLP-BK atau Noto Deso yang dilakukan di Kelurahan Kutoharjo Kabupaten Kendal. Penelitian ini dilakukan untuk memeriksa bagaimana pengaruh antara tumbuhnya sebuah rasa kebersamaan, kekeluargaan, gotong royong antara sesama warga terhadap keikutsertaan masyarakat di dalam pelaksanaan program Noto Deso. Untuk memeriksa hubungan serta pengaruh akan rasa kebersamaan terhadap tingkat partisipasi dalam program Noto Deso digunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, serta penggunaan teknik pengumpulan data self-administered quisionare. Dengan metode inilah variabel penelitian dapat didefinisikan untuk selanjutnya diolah dalam analisis korelasi bivariate. Adapun variabel penelitian yang digunakan ialah variabel karakteristik individu, rasa kebersamaan dan tingkat partisipasi. Analisis korelasi yang dilakukan terhadap variabel penelitian digunakan untuk membuktikan hipotesis awal yakni untuk membuktikan pengaruh antara rasa kebersamaan terhadap tingkat partisipasi masyarakat di dalam pelaksanaan program Noto Deso. Output analisis yang dihasilkan menunjukan sebuah fakta yang menarik yakni berdasarkan uji korelasi antara variabel karakteristik individu, rasa kebersamaan dan tingkat partisipasi dengan menggunakan standar uji koefisien korelasi dan signifikansi kendall dapat dibuktikan bahwa ketiga variabel saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Hal ini dibuktikan dengan standar sigfikansi yang dihasilkan menunjukkan angka korelasi yang sangat erat hingga 99%. Sehingga dapat dikatakan bahwa rasa kebersamaan memang mempengaruhi tingkat partsipasi secara langsung. Dengan pengetahuan akan kondisi rasa kebersamaan masyarakat yang mempengaruhi tingkat partisipasi dalam penerapan program ( PLP-BK ) , kesesuaian progres perencanaan pembangunan sosial di wilayah tersebut akan dapat teridentifikasi, sehingga rekayasa pembangunan sosial dapat dioptimalisasikan secara maksimal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41134
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:17 Dec 2013 16:28
Last Modified:14 Jul 2014 09:44

Repository Staff Only: item control page