ANALISIS PERUBAHAN TINGKAT PELAYANAN JALAN NGESREP TIMUR DI KAWASAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

DAHANA, Arga Setya and BUCHORI, Imam (2011) ANALISIS PERUBAHAN TINGKAT PELAYANAN JALAN NGESREP TIMUR DI KAWASAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2646Kb

Abstract

Tiap tahun jumlah pergerakan menuju Kawasan Universitas Diponegoro yang terletak di Tembalang Semarang terus meningkat. Hal ini dikarenakan Universitas Diponegoro terus melakukan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan guna menunjang kegiatan mahasiswanya. Belum lagi dengan adanya perpindahan mahasiswa yang sebelumnya berada di kampus Pleburan kini menyatu dengan kampus Tembalang. Pada akhirnya hal yang dapat terjadi adalah menurunnya tingkat pelayanan jalan menuju kampus Tembalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkat pelayanan Jalan Ngesrep Timur seiring dengan semakin berkembangnya kawasan Universitas Diponegoro di Tembalang Semarang sehingga hasilnya dapat menjadi bahan rekomendasi untuk peningkatan kualitas pelayanan ruas jalan tersebut. Selain itu, dilihat pula perubahan guna lahan yang terjadi di sekitar ruas jalan Ngesrep Timur dalam beberapa tahun terakhir dimana turut memberikan pengaruh terhadap jumlah pergerakan yang terjadi di ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil analisis kinerja pada ruas Jalan Ngesrep Timur dengan menggunakan metode MKJI 1997, ternyata nilai derajat kejenuhan ( DS) yang didapat masih memenuhi kriteria kelayakan yaitu 0,75, seingga ruas jalan tersebut masuk kategori tingkat pelayanan kelas C.Hal ini bertolakbelakang dengan apa yang terjadi pada 3-4 tahun sebelumnya dimana ruas Jalan Ngesrep Timur masuk kategori tingkat pelayanan kelas B. Hal ini menunjukkan bahwa ruas Jalan Ngesrep Timur memerlukan antisipasi untuk peningkatan kinerja jalan tersebut terutama pada tahun-tahun yang akan datang dimana jumlah pergerakan akan terus melonjak naik tiap tahunnya. Berdasarkan alternatif pemecahan masalah yang dilakukan, didapatkan bahwa skenario pengurangan hambatan samping merupakan hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan dalam upaya mempertahankan kelayakan kinerja ruas Jalan Ngesrep Timur.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41132
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Dec 2013 16:23
Last Modified:14 Jul 2014 09:30

Repository Staff Only: item control page