PENENTUAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA DI SEKITAR RAWA PENING KABUPATEN SEMARANG BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG

NUGROHO, Aditya Dwi and KHADIYANTO, Parfi (2012) PENENTUAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA DI SEKITAR RAWA PENING KABUPATEN SEMARANG BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1706Kb

Abstract

Pariwisata merupakan suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi.Kegiatan ini berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan yang dialami oleh wisatawan karena kegiatan sehari – hari yang dilakukanya.Pariwisata sendiri merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangunan ekonomi suatu negara, karena mendorong perkembangan beberapa sektor perekonomian nasional.Dalam industri pariwisata, terbuka peluang untuk meningkatkan perolehan devisa negara sehingga tidak mengherankan bila saat ini banyak negara maupun daerah yang mengembangkan sektor pariwisata mereka, tujuanya jelas untuk meningkatkan sumber pendapatan asli mereka. Kabupaten Semarang, yang memeiliki beberapa kawasan pariwisata, juga tidak tinggal diam melihat fennomena ini. Kawasan pariwisata di Kabupaten Semarang saat ini tengah dikembangkan oleh pihak – pihak terkait agar lebih dapat menarik pengunjung yang datang.Salah satu kawasan pariwisata di Kabupaten Semarang yang memiliki potensi cukup besar adalah kawasan Rawa Pening.Di kawasan Rawa Pening saat ini telah terdapat kegiatan pariwisata dengan menyedot cukup banyak pengunjung. Menurut data jumlah pengunjung yang ada, pengunjung di obyek – obyek wisata di sekitar Rawa Pening mengalami peningkatan secara keseluruhan, namun peningkatan jumlah pengunjung belum tentu memberikan kepuasan bagi pengunjung tersebut akan produk wisata yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kepuasan pengunjung terhadap keberadaaan objek wisata di sekitar kawasan Rawa Pening yang kemudian digunakan untuk menyusun strategi pengembanganya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.Metode pengumpulan data dilakukan memalui survey berupa kuesioner kepada pengunjung obyek wisata di sekitar Rawa Pening, maupun pengamatan langsung ke lapangan. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mendiskripsikan karakteristik pengunjung yang datang ke obyek – obyek wisata di sekitar Rawa Pening, analisis deskriptif untuk menganalisis tingkat kepuasan pengunjung terhadap obyek wisata, dan metode analisis Boston Consulting Group ( BCG ) untuk mengetahui situasi awal pengembangan obyek wisata. Analisis BCG ini menggunakan dua variabel penentu yaitu produk wisata dan pasar wisata.Strategi pengembangan obyek – obyek wisata di sekitar Rawa Pening disusun dengan menggunakan analisis deskriptif berdasarkan analisis sebelumnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengunjung merasa puas dengan produk wisata yang saat ini ditawarkan, namun masih terdapat beberapa produk wisata yang perlu ditambah atau diperbaiki di tiap – tiap obyek wisata. Obyek – obyek wisata di sekitar Rawa Pening di bagi dalam beberapa kuadran menurut analisis Boston Consulting Group, antara lain obyek wisata Bukit Cinta, Pemandian Muncul, Langen Tirto Muncul, Museum Kereta Api, dan Museum Palagan Ambarawa pada kuadran Cash Cows, obyek wisata Agro Tlogo pada kuadran Problem Child, dan obyek wisata Rawa Permai pada kuadran Dogs. Selain itu pada penelitian ini didapatkan strategipengembangan pada tiap obyek wisata di sekita Rawa Pening. Kata Kunci :Tingkat kepuasan pengunjung, Produk wisata, Obyek wisata di sekitar rawa Pening

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41127
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Dec 2013 15:34
Last Modified:14 Jul 2014 10:18

Repository Staff Only: item control page