KAJIAN STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI SUWUK KABUPATEN KEBUMEN DITINJAU DARI SEGI PENGELOLAAN DAN PEMASARANNYA

NUGRAHENI, Desi and YUSMAN, Fitri (2012) KAJIAN STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI SUWUK KABUPATEN KEBUMEN DITINJAU DARI SEGI PENGELOLAAN DAN PEMASARANNYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1562Kb

Abstract

Pantai Suwuk adalah salah satu pantai di Kabupaten Kebumen yang teletak di Jalur Lintas Selatan Pulau Jawa dimana jalan ini diproyeksikan sebagai jalur arteri nasional yang menghubungkan kotakota di Pulau Jawa bagian pesisir pantai selatan. Potensi alam yang menarik membuat Pantai Suwuk menjadi salah satu tujuan wisata bagi warga di Kabupaten Kebumen. Namun hal tersebut tidak dibarengi dengan kondisi sarana prasarana yang memadai. Pengelolaan dan pemasaran yang dilakukan pemerintah juga belum maksimal, untuk itu perlu dilakukan pengembangan dalam pengelolaan dan pemasaran supaya Pantai Suwuk ini menjadi obyek wisata yang pantas dijadikan sebagai ikon wisata di Kabupaten Kebumen. Dari uraian tersebut muncul pertanyaan penelitian mengenai bagaimana strategi pemerintah Kabupaten Kebumen dalam mengelola dan memasarkan Pantai Suwuk apakah sesuai dengan kenyataan di lapangan atau tidak. Pengkajian strategi tersebut ditinjau dari beberapa aspek yaitu aspek karakteristik Pantai Suwuk, aspek pengembangan wisata, aspek pengelolaan, dan aspek pemasaran wisata Pantai Suwuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, kuesioner, wawancara, dan telaah dokumen. Narasumber dalam penelitian ini adalah Dinas Pariwisata, Pengelolan Pantai Suwuk, Pengunjung, dan Penyedia Jasa. Teknik sampling yang digunakan yaitu Accidental Sampling dan Purposive Sampling dengan jumlah sampel 32 orang untuk pengunjung dan 22 orang untuk penyedia jasa. Temuan studi yang didapat dari penelitian ini adalah mengenai pengelolaan dan pemasaran Pantai Suwuk. Dari hasil kuesioner, 61% responden mengatakan bahwa pengelolaan Pantai Suwuk sudah baik, namun 7% diantaranya mengatakan masih ada kekurangan, 7% dari responden mengatakan pengelolaan sudah cukup baik, dan 32% lainnya mengatakan pengelolaan kurang baik. Untuk keterlibatan pemerintah, 59% responden mengatakan pemerintah sudah melakukan pengelolaan dengan baik, sedangkan 37% lainnya mengatakan pemerintah belum melakukan pengelolaan dengan baik. Kurangnya pengelolaan tertuju pada penyediaan sarana prasarana yang belum maksimal terutama masalah persampahan. Area kebun binatang mini juga terlihat kotor dan ada sebagian kandang hewan yang sudah rusak. Selain itu Gazebo yang ada di kawasan Pantai Suwuk juga kurang menarik dan letaknya kurang strategis. Konsep pemasaran Pantai Suwuk direncanakan akan dilakukan promosi baik melalui pameran, media cetak, elektronik, maupun pembagian leaflet, brosur, pembuatan baliho maupun banner. Dari hasil kuesioner, 53% responden menyatakan bahwa Pantai Suwuk belum dipromosikan dengan baik. Hal ini karena responden tersebut belum pernah mendapatkan informasi tentang Pantai Suwuk baik dari media cetak maupun media elektronik. Publikasi yang telah dilakukan pemerintah yaitu melalui media cetak dengan memperkenalkan Pantai Suwuk dengan wajah yang baru dan melalui website resmi Kabupaten Kebumen. Namun hal tersebut belum cukup karena tidak semua orang membaca media cetak setiap hari apalagi membuka website Kabupaten Kebumen. Untuk itu perlu strategi baru dalam pemasaran Pantai Suwuk ini supaya pantai ini lebih dikenal masyarakat luas. Berdasarkan hasil tersebut, rekomendasi yang dapat diberikan kepada pemerintah adalah pengelolaan sarana prasarana seperti penyediaan tong-tong sampah di beberapa sudut dan melakukan pengumpulan dan pengangkutan sampah, pembenahan Gazebo dan kebun binatang mini. Penyediaan sarana prasarana seperti transportasi dan akomodasi juga sangat diperlukan bagi para wisatawan. Selain itu perlu dilakukan publikasi dengan pemasangan baliho di tepi jalan utama atau pembuatan leflet, pamflet, maupun selebaran. Hal lain yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan aspirasi dari wisatawan tentang kekurangan dan kelebihan Pantai Suwuk serta apa saja yang perlu diperbaiki ataupun ditambah untuk menjadikan Pantai Suwuk menjadi obyek wisata yang menarik. Kata Kunci: Pariwisata, Pengembangan, Pengelolaan, Pemasaran

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41103
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Dec 2013 10:24
Last Modified:14 Jul 2014 10:17

Repository Staff Only: item control page