PEMILIHAN LOKASI PERUMAHAN ASOSIASINYA TERHADAP PENGGUNAAN KENDARAAN PRIBADI DI KAWASAN PINGGIRAN KOTA SEMARANG

SETIAJI, Bayu and MANULANG, Okto Risdianto (2010) PEMILIHAN LOKASI PERUMAHAN ASOSIASINYA TERHADAP PENGGUNAAN KENDARAAN PRIBADI DI KAWASAN PINGGIRAN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

6Mb

Abstract

Pusat kota merupakan daerah yang seringkali menjadi tujuan utama dari pergerakan yang dilakukan oleh penduduk. Daerah yang sekaligus menjadi kawasan dari seluruh aktivitas ini menjadi tempat berkumpulnya sebagian penduduk, terutama ketika jenis aktivitas yang dilakukan merupakan aktivitas rutin sehari-harinya dalam hal ini bekerja. Namun dalam bertempat tinggal, penduduk justru memilih lokasi-lokasi yang berada pada di kawasan pinggiran. Adanya sebuah peluang dimanfaatkan oleh pengembang perumahan dalam mencari lokasi-lokasi yang cocok untuk dijadikan sebagai kawasan perumahan baru. Kondisi yang sama terjadi pada kota Semarang, bahwa pembangunan perumahan yang marak akhir-akhir ini lebih banyak terjadi di kawasan pinggirannya. Pertimbanga yang muncul pun beragam, akan tetapi pertimbangan utama dari sisi pengembang adalah harga lahan yang masih terjangkau dan ukuran luas lahan. Dalam perkembangannya, dampak ari pembangunan kawasan perumahan tersebut menimbulkan permasalahan di Kota Semarang. Salah satunya adalah pola perumahan yang terpencar mengakibatkan terjadinya fenomena urban sprawl (Yunus, 2000). Permasalahan lain yang tidak kalah rumitnya yakni tingginya tingakt ketergantungan terhadap kendaraan pribadi. Menurut data BPS diperoleh bahwa pertumbuhan kendaraan pribadi terbanyak berasal dari kawasan pinggiran (Gunungpati, Tembalang, dan Ngaliyan) dengan prosentase untuk sepeda motor mencapai 10% pertahun sedangkan mobil sebanyak 12,57% pertahun (periode 2003-2007)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41047
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Dec 2013 12:19
Last Modified:14 Jul 2014 11:54

Repository Staff Only: item control page