Beberapa Faktor Yang Berhubungan dengan Minat Ulang Konsumen Menggunakan Pelayanan Rawat Jalan di Klinik ABA Medika Jepara.

Basir, Abdul (2006) Beberapa Faktor Yang Berhubungan dengan Minat Ulang Konsumen Menggunakan Pelayanan Rawat Jalan di Klinik ABA Medika Jepara. Masters thesis, MIKM UNDIP.

[img]
Preview
PDF
442Kb

Abstract

Dengan diterapkannya UndangUndang Nomor 22 Tahun 1999 serta dengan diberlakukannya otonomi daerah sejak 1 Januari 2001. Pemerintah Daerah semakin diberi keleluasaan dalam mengelola derahnya, sehingga mendorong tumbuhnya rumah sakit swasta. Peran serta klinik “ABA Medica” yang terletak di Jl. Jepara Kudus Km 19 Pecangaan Jepara yang berdiri sejak tahun 1998 dalam mewujudkan “Kesehatan merupakan hak dan kewajiban masyarakat dan kesehatan diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat”. Penelitian ini bertujuan Menganalisa “Beberapa Faktor Yang Berhubungan dengan Minat Ulang Konsumen Menggunakan Pelayanan Rawat Jalan di Klinik ABA Medika Jepara”. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah para konsumen Klinik ABA Medika Jepara dan manajemen Klinik ABA Medika Jepara. Sampel penelitian berjumlah 89 orang, dipilih dengan pendekatan simple random sampling. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Software SPSS for Windows versi 10.0 dan menggunakan metode analisis univariat dan bivariat. Hasil analisis penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara Karakteristik (Jenis Kelamin, Pendapatan, Umur), Persepsi Pelayanan Perawat (Harga, Tempat, Perawat, Dokter, Jangkauan), Kelompok Acuan (Perusahaan) dengan Minat Ulang Menggunakan Pelayanan di Klinik ABA Medika Jepara (p>0,05) sedangkan variabel Jumlah Keluarga dan Kelompok Acuan (Dukungan Keluarga, Tetangga, dan Teman) ada hubungan yang bermakna dengan Minat Ulang Menggunakan Pelayanan di Klinik ABA Medika Jepara (p<0,05). Dari penelitian ini, maka disarankan bagi manajemen klinik ABA Medika Jepara : meningkatkan fasilitas tempat yang masih kurang baik, diantaranya fasilitas WC yang kurang baik 35,6% dan telepon 36,7%, meningkatkan layanan dokter di luar jam kerja yang masih kurang baik sebanyak 98,9%, dapat mempertahankan layanan yang baik dan cocok untuk pasien, melakukan kerja sama dengan perusahaan dalam rangka pembiayaan pengobatan bagi karyawan perusahaan, menyediakan dana untuk kegiatan promosi, membuat strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pasar, berusaha menyediakan teknologi sesuai tuntutan pasar. Bagi peneliti lain yang mengambil tema sama agar meneliti variabel yang ternyata tidak terbukti ada hubungan. Kata kunci : Minat Ulang, Klinik ABA Medika Jepara Kepustakaan : 28 (19832002)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:4101
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2010 10:34
Last Modified:18 Jan 2010 10:34

Repository Staff Only: item control page