ANALISIS PENERIMAAN SOFTWARE PUSTAKA – PRO DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN JEPARA DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Dina Atika, Prima (2013) ANALISIS PENERIMAAN SOFTWARE PUSTAKA – PRO DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN JEPARA DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

5Mb

Abstract

Software Pustaka-Pro merupakan program administrasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengelola seluruh kegiatan yang ada di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara baik itu untuk pengolahan, sirkulasi, pencarian informasi maupun keanggotaan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat penerimaan software Pustaka-Pro di Perpustakaan Daerah Jepara. Untuk mengetahui tingkat penerimaan software Pustaka-Pro, penulis menggunakan metode analisis TAM. Technology Acceptance Model (TAM) adalah suatu model analisis yang digunakan untuk mengetahui perilaku masyarakat akan penerimaan suatu teknologi. TAM terdiri 4 parameter yaitu Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease Of Use), Persepsi Kegunaan (Perceived Usefulness), Sikap Terhadap Penggunaan (Attitude Towards Use), dan Penerimaan (Acceptance). Jenis penelitian adalah survey. Sampel berjumlah 102 responden dari pemustaka dan pustakawan yang telah menggunakan software Pustaka-Pro. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t melalui persaman dalam analisis regresi dengan bantuan program Lisrel versi 8.80. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa semua hipotesis diterima karena nilai t hitung tidak berada diantara -1,66 dan 1,66. Berarti dapat diketahui bahwa Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Persepsi Kegunaan. Persepsi Kegunaan berpengaruh negatif pada Sikap Terhadap Penggunaan. Persepsi Kemudahan Pengunaan berpengaruh negatif pada Sikap Terhadap Penggunaan. Sikap Terhadap Penggunaan berpengaruh negatif terhadap Penerimaan. Hasil dari uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerimaan software Pustaka-Pro sudah cukup diterima baik oleh pemustaka dan pustakawan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40987
Deposited By:Mr/Ms Ilmu Perpustakaan
Deposited On:10 Dec 2013 09:57
Last Modified:10 Dec 2013 09:57

Repository Staff Only: item control page