ANALISIS DESKRIPTIF FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KENYAMANAN MEMBACA PEMUSTAKA (Studi Kasus Pemustaka di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang)

Ganang g, Stefanus (2013) ANALISIS DESKRIPTIF FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KENYAMANAN MEMBACA PEMUSTAKA (Studi Kasus Pemustaka di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang). Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF (BAB I)
57Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II)
77Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III)
46Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
59Kb
[img]PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

198Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VI)
25Kb

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Deskriptif Faktor-faktor yang Memengaruhi Kenyamanan Membaca Pemustaka (Studi Kasus Pemustaka di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang).” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang dapat memengaruhi kenyamanan membaca pemustaka di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif karena bertujuan untuk memperoleh jawaban yang terkait dengan pendapat, tanggapan atau persepsi seseorang sehingga pembahasannya harus menggunakan uraian kata-kata, sedangkan bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori studi kasus. Studi kasus merupakan kajian yang mendalam tentang peristiwa, lingkungan, dan situasi tertentu yang memungkinkan untuk mengungkapkan atau memahami sesuatu hal sehingga akan menghasilkan kesimpulan yang bersifat khusus, tetapi tidak dapat dibuat rampadan (generalisasi). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 10 orang informan. Penetapan informan menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis meliputi, observasi, wawancara, dan studi pustaka, sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan Conclusion Drawing/Verification (kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat cukup banyak faktor yang dapat memengaruhi kenyamanan membaca pemustaka di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. Faktor tersebut bisa berasal dari luar diri pemustaka maupun dari dalam diri pemustaka itu sendiri. Faktor dari luar diri pemustaka berasal dari lingkungan sekitar pemustaka seperti suhu udara (temperatur), suara, cahaya, dan penataan ruang, sedangkan faktor yang berasal dari dalam diri pemustaka meliputi faktor fisiologis yakni kondisi tubuh pemustaka dan faktor psikologis yang berupa motivasi pemustaka dalam mewujudkan tujuannya datang ke perpustakaan untuk mendapatkan informasi dari bahan bacaan yang tersedia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40985
Deposited By:Mr/Ms Ilmu Perpustakaan
Deposited On:10 Dec 2013 09:49
Last Modified:10 Dec 2013 09:49

Repository Staff Only: item control page