Analysis of Peoples Perception on the Graha Husada Hospital Jepara To Set The Marketing Design

Dyah Lisiana, Henny (2004) Analysis of Peoples Perception on the Graha Husada Hospital Jepara To Set The Marketing Design. Masters thesis, MIKM UNDIP.

[img]
Preview
PDF
367Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Jepara tentang RS. Graha Husada Jepara sehingga dapat untuk menyusun desain pemasaran RS.Graha Husada. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Jepara yang berdomisili di kecamatan Jepara, Mlonggo, Bangsri, dan kecamatan Tahunan dengan jumlah sample 100 responden yang terbagi menjadi 3 kelompok yang melipuri kelompok I yaitu kelompok masyarakat yang tidak tahu dan tidak menggunakan RS.Graha Husada, kelompok II yaitu kelompok masyarakat yang tahu tetapi tidak menggunakan RS.Graha Husada dan Kelopok III yaitu kelompok masyarakat pengguna RS.Graha Husada. Data yang diperoleh dianalisa secara kualitatif. Sebagian besar responden (92%) mengetahui adanya RS.Graha Husada jepara. Tercatat sebanyak 26% responden yang mengetahui tetapi tidak memanfaatkan jasa pelayanan. Sementara yang tidak tahu dan tidak memanfaatkan hanya sebagian kecil saja (8%). Alasan kelompok I tidak tahu karena tidak pernah dengar sedang alas an kelompok II tidak menggunakan RS.Graha Husada sebagian besar karena rumah sakit itu dinilai mahal. Sedangkan alas an kelompok III menggunakan RS.Graha Husada sebagian besar karena pelayanannya baik dan ramah. Hasil analisis bauran pemsaran dari produk pelayanan ruamh sakit yang dinilai tidak baik oleh responden yaitu pada atribut jenis pelayanan seperti yang dikehendaki, pelayanan lebih baik dari rumah sakit lain, kepuasan pelayanan dokter, kemudahan dokter dalam bekomunikasi, keramahan dan kesopanan pelayanan dokter, keramahan dan kesopanan petugas non medis, pelayanan apotik yang cepat, tempat parkir yang luas dan nyaman, ketenangan ruang tunggu. Sedangkan produk yang dinilai baik yaitu pada atribut kemudahan pelayanan, jenis pelayanan, jaminan pelayanan kesehatan, kelengkapan peralatan, peralatan siap pakai, pelayanan dokter cepat dan tanggap, kepuasan pelayanan perawat, pelayanan perawat cepat dan tanggap, keramahan dan kesopanan perawat, pelayanan petugas non medis cepat dan tanggap, fasilitas umum terjaga kebersihaannya, tempat parkir aman, ruang pemeriksaan bersih dan nyaman. Bauran pemasaran dari harga dinilai oleh responden tidak murah, bauran pemasaran dari tempat dinilai oleh respoden jarak rumah sakit cukup dekat sedangkan letak rumah sakit tidak strategis. Kata kunci : Persepsi masyarakat, RS.Graha Husada Desain Pemasaran. Kepustakaan : 33 Buah, (1988 – 2003)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:4098
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2010 10:32
Last Modified:18 Jan 2010 10:32

Repository Staff Only: item control page