HUBUNGAN KUALITAS KOLEKSI PERPUSTAKAAN KELILING PERPUSTAKAAN DAERAH JAWA TENGAH DENGAN TINGKAT MINAT BACA SANTRI PONDOK PESANTREN SAROCHANIYYAH METESEH TEMBALANG SEMARANG

RESTINIA MINARSO, NELY (2013) HUBUNGAN KUALITAS KOLEKSI PERPUSTAKAAN KELILING PERPUSTAKAAN DAERAH JAWA TENGAH DENGAN TINGKAT MINAT BACA SANTRI PONDOK PESANTREN SAROCHANIYYAH METESEH TEMBALANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]PDF (BAB I)
75Kb
[img]PDF (BAB II)
100Kb
[img]PDF (BAB III)
116Kb
[img]PDF (BAB IV)
22Mb
[img]PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

670Kb
[img]PDF (BAB VI)
36Kb

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Kualitas Koleksi Perpustakaan Keliling Perpustakaan Daerah Jawa Tengah dengan Tingkat Minat Baca Santri Pondok Pesantren Sarochaniyyah Meteseh Tembalang Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas koleksi perpustakaan keliling Perpustakaan Daerah Jawa Tengah dengan tingkat minat baca santri Pondok Pesantren Sarochaniyyah Meteseh Tembalang Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri Pondok Pesantren Sarochaniyyah Meteseh Tembalang Semarang yang memanfaatkan koleksi Perpustakaan Keliling Perpustakaan Daerah Jawa Tengah yang berjumlah 93 orang. Sampel yang digunakan diambil dari keseluruhan jumlah populasi yang berjumlah 93 orang. Sampel tersebut diambil karena jumlah populasi kurang dari 100 orang sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dalam bentuk kajian korelasi. Untuk itu, analisis dan pengolahan data yang digunakan dalam kajian korelasi ini adalah menggunakan rumus koefisien korelasi Pearson (r) dengan uji signifikansi uji t. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi penyebaran kuesioner kepada seluruh jumlah populasi sebanyak 93 orang dan wawancara kepada 6 orang perwakilan dari status pendidikan yang ada mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,353 yang berarti terdapat hubungan positif dalam kategori rendah atau lemah tapi pasti. Ini berarti pula jika kualitas koleksi ditingkatkan, maka minat baca santri akan meningkat dan sebaliknya jika kualitas koleksi kurang diperhatikan, maka minat baca santri akan menurun. Hubungan yang rendah atau lemah tapi pasti ini dikarenakan adanya perbedaan cara memperoleh informasi antara masyarakat yang tinggal di daerah pelosok dengan masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan dalam hal kemudahan cara pengaksesannya. Karena informasi yang berkembang lambat di daerah pelosok inilah yang menyebabkan kualitas koleksi kurang menjadi perhatian pembaca. Dari keberadaan fakta di atas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa adanya hubungan positif antara kualitas koleksi perpustakaan keliling Perpustakaan Daerah Jawa Tengah dengan minat baca santri Pondok Pesantren Sarochaniyyah Meteseh Tembalang Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40974
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Dec 2013 09:14
Last Modified:10 Dec 2013 09:14

Repository Staff Only: item control page