STUDI PENURUNAN COD DAN WARNA PADA LIMBAH INDUSTRI TEKSTIL PT. APAC INTI CORPORA DENGAN KOMBINASI ANAEROB-AEROB MENGGUNAKAN UASB DAN HUASB

Antania Andary, Hanjani (2010) STUDI PENURUNAN COD DAN WARNA PADA LIMBAH INDUSTRI TEKSTIL PT. APAC INTI CORPORA DENGAN KOMBINASI ANAEROB-AEROB MENGGUNAKAN UASB DAN HUASB. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
730Kb

Abstract

ABSTRAK Pengolahan limbah cair secara kimia relative tidak ramah lingkungan. Melihat kenyataan tersebut, perlu suatu alternatif proses baru yang dapat meminimalkan kekurangan proses yang ada. Salah satu alternatif proses itu adalah pengolahan biologi kombinasi anaerob-aerob, dimana proses anaerob berfungsi sebagai pengolahan awal untuk mendegradasikan senyawa-senyawa organik kompleks sehingga limbah tersebut dapat terbiodegradasi oleh proses aerob. Permasalahannya adalah sampai sejauh mana proses pengolahan limbah secara biologi dengan kombinasi anaerob-aerob dapat menurunkan bahan organik dan menurunkan kadar warna limbah cair industri tekstil. Pada penelitian ini, Kemampuan pengolahan biologi kombinasi anaerob-aerob dalam menurunkan konsentrasi COD dan warna pada limbah cair industri tekstil PT. Apac Inti Corpora mencapai 87%-96%. Adanya penambahan batu apung (HUASB) dalam proses anaerob pada pengolahan kombinasi anaerob-aerob pada limbah cair industri tekstil PT. Apac Inti Corpora lebih efektif dalam menurunkan konsentrasi COD dan warna. Hal ini ditunjukan dengan efisiensi penurunan COD pada UASB dan HUASB masing-masing sebesar 42% dan 47%. Sedangkan penurunan warna pada UASB dan HUASB masing-masing sebesar 70% dan 76%. Pengolahan kombinasi anaerob-aerob ini optimum mengolah limbah industri tekstil pada konsentrasi COD 2000 mg/L.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:40959
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:09 Dec 2013 09:17
Last Modified:09 Dec 2013 09:17

Repository Staff Only: item control page