HUBUNGAN KONSENTRASI PM2.5 DAN CO SERTA ESTIMASI PAJANANNYA DI DAPUR RUMAH TANGGA PEDESAAN MENGGUNAKAN KAYU BAKAR (Studi Kasus Di Desa Bakaran Wetan, Juwana, Kabupaten Pati)

Dona Aviadika , Fransiska (2012) HUBUNGAN KONSENTRASI PM2.5 DAN CO SERTA ESTIMASI PAJANANNYA DI DAPUR RUMAH TANGGA PEDESAAN MENGGUNAKAN KAYU BAKAR (Studi Kasus Di Desa Bakaran Wetan, Juwana, Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
969Kb

Abstract

ABSTRAK Pencemaran udara dalam ruang bersumber dari pembakaran bahan bakar biomasa (kayu) yang digunakan untuk aktivitas memasak dalam suatu rumah tangga yang terdapat disebagian besar negara berkembang yang akan memiliki dampak negatif resiko kesehatan bagi manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi konsentrasi PM 2,5 dan CO secara temporal di Desa Bakaran Wetan, menganalisis ada tidaknya hubungan PM 2,5 dan CO selama memasak yang sesuai kebiasaan masyarakat setempat di dalam melakukan kegiatan memasak serta estimasi pajanannya. Penelitian dilakukan pada 10 rumah yang menggunakan bahan bakar kayu untuk aktivitas memasak. Pengukuran CO menggunakan alat EL-USB CO Monitor yang memiliki sensor untuk mendeteksi besarnya konsentrasi CO dan PM 2,5 menggunakan alat UCB Particle Monitor . Untuk mengestimasi pajanan di depan tungku dapat menggunakan rumus dosis-respon. Jadi,dapat diketahui berapa PM 2,5 dan CO yang masuk ke tubuh lewat pernapasan dan dampak seperti apa yang didapat oleh pemasak. Dari hasil analisis hubungan PM 2,5 dan CO menggunakan diagram pencar dalam microsoft exel, ternyata terdapat hubungan yang kuat antara PM 2,5 dan CO. Hubungan PM 2,5 dan CO pada penelitian ini bervariasi dikarenakan siklus pembakaran kayu keseluruhan selama memasak di setiap sampel penelitian. Hasil estimasi pajanan PM 2,5 dan CO terhadap pemasak di depan tungku untuk 10 rumah berpengaruh pada kesehatan dengan kurun waktu dan jumlah anggota keluarga yang berbeda-beda. Terlihat korelasi yang kuat antara konsentrasi CO dan PM berdasarkan jumlah anggota keluarga setiap rumah. Hal ini dapat diketahui jumlah pajanan konsentrasi PM 2,5 dan CO yang diterima semua anggota keluarga dari 10 rumah Desa Bakaran Wetan, Juwana, Pati. Kata Kunci : Pencemaran Udara dalam Ruang; CO ; PM 2,5 ; Estimasi Pajanan ; Variasi Temporal

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:40956
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Dec 2013 14:38
Last Modified:06 Dec 2013 14:38

Repository Staff Only: item control page