Membangun Model Harmonisasi Manajemen Proses Adaptif Untuk Meningkatkan Kinerja Kualitas Produk Studi pada UKM Di Jateng

RAHARJO, Susilo Toto (2012) Membangun Model Harmonisasi Manajemen Proses Adaptif Untuk Meningkatkan Kinerja Kualitas Produk Studi pada UKM Di Jateng. PhD thesis, Program Pascasarjana Undip.

[img]
Preview
PDF
258Kb

Abstract

Kemampuan bertahan dan berkembang perusahaan dalam persaingan ditentukan oleh kemampuan perusahaan tersebut menciptakan nilai yang berkualitas dengan suatu proses rantai nilai yang efisien. Penelitian ini bertujuan mengajukan sebuah pendekatan baru untuk memastikan terciptanya sebuah proses rantai nilai yang berkualitas. Penelitian dilakukan dengan unit analisis pengelola atau pemilik sekaligus pengelola sebagai representasi dari obyek penelitian UKM di Jawa Tengah. Sampel sebanyak 200 diambil dari 6 wilayah Eks Karesidenan di Jawa Tengah untuk mewakili populasi penelitian. Analisis deskripsi menggunakan pendekatan angka indeks dengan kriteria penilaian three box method. Analisis statistik inferen menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian dengan menggunakan angka indeks menunjukkan indikator yang memenuhi syarat sebagai representasi konstruk seluruhnya pada posisi tinggi. Hasil penelitian dengan menggunakan model persamaan struktural menunjukkan Kepemimpinan effektif berpengaruh signifikan positif terhadap harmonisasi manajemen proses adaptif, namun berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja proses. Perencanaan kualitas berpengaruh signifikan positif terhadap harmonisasi manajemen proses adaptif, namun berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja proses. Aset tak berwujud berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja proses tetapi berpengaruh tidak signifikan terhadap harmonisasi manajemen proses adaptif. Harmonisasi manajemen proses adaptif berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja proses. Kinerja proses berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja kualitas produk. Harmonisasi manajemen proses adaptif terbukti sebagai konsep yang menjadi variabel mediator antara Kepemimpinan effektif, Perencanaan kualitas dan Aset tak berwujud terhadap Kinerja proses. Dengan demikian Harmonisasi manajemen proses adaptif memberikan kontribusi terhadap proses rantai nilai yang lebih berkualitas untuk menciptakan nilai yang tinggi bagi perusahaan. Kata kunci : Aset Tak Berwujud, Perencanaan Kualitas, Kepemimpinan Effektif, Harmonisasi Manajemen Proses Adaptif, Kinerja Proses dan Kinerja Kualitas Produk. In recent competitive environment, the survival and developing ability of a company is determined by its ability to create a quality value with an efficient value chain process. The aim of this research is to propose a new approach to ensure the creation of a quality value chain process. The unit of analysis in this research is the managers and/or the owners as the representatives of SMEs in Central Java. 200 samples were taken from 6 Ex-Residencies in Central Java to represent the population in this research. The descriptive statistics were analyzed by using index number approach, while the inferential statistics were conducted by using SEM (Structural Equation Modeling). Using index number analysis, the results show all indicators that qualify as a representation of the construct entirely in high position. Finding disclosed a significant positive relationship between effective leadership and adaptive process of management harmonization but insignificant on process performance, a signification positive relationship between quality planning and adaptive process of management harmonization, but insignificant on process performance. Intangible asset has a significant positive effect on process performance but insignificant effect on adaptive process of management harmonization. Adaptive process of Management harmonization has positive – significant effect on process performance. Process performance has positive – significant effect on product quality performance. These results support the argument stated that adaptive process of harmonization management is a concept which contributes a more qualified value chain process to craft high value for the company. Keywords : Intangible Asset, Quality Planning, Effective Leadership, Adaptive process of harmonization management, Process performance and Product Quality Performance.

Item Type:Thesis (PhD)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Doctor Program in Economics
ID Code:40894
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Dec 2013 11:10
Last Modified:03 Dec 2013 11:10

Repository Staff Only: item control page