PENGARUH TATA RUANG LAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KHUSUS DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TENGAH

Septiana, Fransiska (2013) PENGARUH TATA RUANG LAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KHUSUS DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

13Mb

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Tata Ruang Layanan terhadap Minat Berkunjung Pemustaka di Perpustakaan Khusus Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tata ruang layanan perpustakaan terhadap minat berkunjung pemustaka ke perpustakaan khusus Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai dan mahasiswa (pemustaka) di perpustakaan khusus Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebanyak 224 pemustaka. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 69 pemustaka dengan teknik pengambilan sampelnya adalah proportionate stratified random sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tata ruang layanan dan minat berkunjung. Indikator yang terdapat dalam variabel tata ruang adalah tata letak, sistem pencahayaan, sistem ventilasi, sistem pewarnaan, dan sistem akustik. Indikator minat berkunjung adalah frekuensi kunjungan dan tujuan kunjungan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 55,1% atau 38 responden menyatakan bahwa tata ruang layanan perpustakaan baik. Sebanyak 47,8% atau 33 responden menyatakan minat berkunjung ke perpustakaan tidak baik. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai t-hitung > t- tabel, yaitu 2,231 > 1,668. Dengan demikian maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa ada pengaruh signifikan antara tata ruang layanan terhadap minat berkunjung pemustaka di perpustakaan khusus Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40795
Deposited By:Mr/Ms Ilmu Perpustakaan
Deposited On:27 Nov 2013 11:17
Last Modified:27 Nov 2013 11:17

Repository Staff Only: item control page